Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung, Aslinya Bernama Kampung Narimbang (2)

0
1,608 views
Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. (Mathias Hariyadi)

DI situ memang ada sejumput bukit kecil. Berada di lokasi sebuah dusun bernama Kampung Narimbang Dalam yang kalau disingkat menjadi satu kata “Kanada”.

Ketika awal-awal mendengar ada nama Gua Maria Bukit Kanada di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, saya merasa ada yang “aneh”. Mau berziarah di Gua Maria Bukit “Kanada”, tapi lokasi destinasi wisata rohani itu justru berada di Rangkasbitung.

Setelah lebih puluhan tahun tak tahu, maka jawaban itu baru saya dapatkan dari Sr. Atanasia SFS dari Rangkasbitung dan Sr. Marietta SFS dari Sragen di Jateng, hari Minggu (23/10/2022) lalu.

Tak disangka-sangka beneran. Karena, ternyata kata “Kanada” itu hanyalah singkatan dari nama dusun tersebut: Kampung Narimbang Dalam hingga kemudian jadilah terkenal dengan sebutan baru yakni “Kanada”.

Para peziarah dari berbagai kota Indonesia datang mengunjungi Gua Maria Bukit Kanada Rangkasbitung di Lebak, Banten. (Mathias Hariyadi)

Berdoa dalam keriuhan ribuan peziarah

Minggu tanggal 23 Oktober 2022, saya ingin mengisi Bulan Rosario Oktober 2022 ini dengan berziarah ke Gua Maria Bukit Kanada.

Ingin menengok destinasi ziarah rohani ini, setelah lebih 13 tahun lalu saya berhasil mengunjunginya dengan kendaraan. Tapi kali ini, cukup dengan moda transportasi KRL rute Tanah Abang-Rangkasbitung pp.

Minggu siang yang panas itu, di lokasi Gua Maria Bukit Kanada sudah berhimpun ribuan orang peziarah yang datang dari segala penjuru tanahair. Bahkan sejumlah suster SFIC dari Pontianak dan Singkawang di Kalbar pun ikut datang berziarah di sini.

Maka, tak ayal saya pun hanya bisa berdoa dalam keriuhan massa.

Kredit: Titch TV

Baca juga: https://www.sesawi.net/ziarah-ke-gua-maria-bukit-kanada-di-rangkasbitung-lebak-banten-1/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here