Gua Maria Mandam: Peletakan Batu Pertama Pondok Emaus

0
216 views
Romo Budi "Wihong" Wihandono melakukan ritual seremoni pemberkatan lokasi dengan peletakan batu pertama di lahan kosong di mana akan berdiri Pondok Emaus. Bangunan ini berada di kompleks Gua Maria Manikam Damai atau Mandam. (Ist)

HARI ini Jumat tanggal 25 Februari 2022 pkl. 09:00 WITA telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Emaus yang terletak di bagian luar Gua Maria Manikam Damai (Mandam).

Lokasinya ada di Stasi Mandam yang masuk wilayah reksa pastoral Paroki Batulicin.

Jarak tempuh dari Banjarmasin menuju Batulicin dengan motor atau mobil sekitar tujuh jam, karena menempuh jarak 272 km.

Jarak tempuh dari Kota Banjarmasin menuju Paroki Batulicin, Keuskupan Banjarmasin, Kalsel. (Google Maps)

Nama Pondok Emaus

Mengapa diberi nama Pondok Emaus?

Bangunan seluas 16×16 tersebut diberi nama Pondok Emaus, karena terinspirasi pengalaman murid-murid Tuhan Yesus yang “menemukan kembali” Tuhan dalam pengalaman hidup mereka.

Dengan dibangunnya Pondok Emaus, maka diharapkan:

Para peziarah, umat katolik yang berziarah ke Gua Maria Mandam dapat “menemukan Tuhan” dalam peziarahan hidup mereka.

Romo Budi “Wihong” Wihandono melakukan ritual seremoni peletakan batu pertama untuk bangunan Pondok Emaus yang berada di kompleks Gua Maria Manikam Damai atau Mandam. (Ist)

Harapan ke depan

Di tengah berbagai macam kesulitan dan tantangan hidup, tetap percaya bahwa:

  • Rahmat Tuhan Cukup Bagimu (RTCB).
  • Gusti Mesthi Paring Dalan (GMPD).

Bagi yang non Katolik: Pondok Emaus dipersembahkan juga sebagai tempat umum bagi masyarakat yang non Katolik. Baik yang Kaharingan, Muslim, Hindu, Budhis, juga pemerintah desa.

Semua dapat menggunakan Pondok Emaus untuk kegiatan-kegiatan yang membangun persaudaraan sejati di dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.

Pondok Emaus dapat menjadi Forum Silaturahmi (Forsita) bagi tokoh-tokoh masyarakat, adat dan agama dalam mewujudkan masyarakat yang harmonis.

Aneka bahan makanan sebagai persembahan untuk ritual seremoni adat sebelum dilakukan pemberkatan lokasi dan peletakan batu pertama untuk bangunan Pondok Emaus di kompleks Gua Maria Manikam Damai atau Mandam. (Ist)
Romo Wihong di lokasi di mana akan dibangun Pondok Emaus di kompleks Gua Maria Manikam Damai atau Mandam. (Ist)

Demi peningkatan ekonomi lokal

Saat ada peziarah, Pondok Emaus dapat dipakai oleh umat menjual barang-barang rohani, kerajinan tangan, hasil hutan (madu) atau pun hasil bumi di Mandam.

Pondok Emaus juga akan dilengkapi dengan bangunan yang dapat dipakai untuk kegiatan memasak ibu-ibu untuk menyediakan konsumsi pagi para peziarah.

Tuhan, semua kami serahkan kepadaMu demi kemuliaan-Mu dan demi keselamatan hidup kami semua.

RTCB. GMPD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here