Hari Ketiga yang Istimewa

0
352 views
Yesus bangkit dari kematian. (Ist)

Bacaan 1: Kej 1:1 – 2:2
Bacaan 2: Kej 22:1 – 18
Injil: Mat 28:1 – 10

DALAM Alkitab, kita menjumpai banyak simbol dan makna kata-kata. Misal, angka satu, adalah angka ilahi, permulaan, pertama, sumber segala sesuatu.

Kejadian 1:1, pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

Menempati paling awal dalam Alkitab, saat Allah menciptakan alam semesta dan manusia.

Ulangan 6:4, “Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa (satu).”

Salah satu yang sangat istimewa adalah angka ketiga karena memiliki makna “Keselamatan”.

Dalam Perjanjian Lama, angka “tiga” juga simbol kekudusan.

Yesaya 6:3, “Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” Kudus disebut tiga kali.

Kita bisa menemukan contoh-contoh angka ketiga sebagai angka keselamatan: pembebasan saudara–saudara Yusuf, penampakan Tuhan di Sinai, Israel memasuki Kanaan, kisah Ester di istana raja, kisah Yunus dan nubuat Nabi Hosea tentang kebangkitan.

Dalam bacaan kedua, kita membaca kisah Abraham dan Ishak. Ishak tidak jadi disembelih Abraham karena diselamatkan oleh Allah pada hari ketiga.

“Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.”

Pada hari ketiga itu, Allah telah melihat bahwa Abraham sebagai orang percaya ia sungguh taat, bersedia dan setia kepada-Nya.

Karena imannya itu, Abraham memperoleh janji Allah.

“Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.”

Tuhan Yesus dimuliakan Allah Bapa-Nya juga pada hari ketiga, saat Ia dibangkitkan dari kematian. Kebangkitan yang mengalahkan maut, tanda keselamatan bagi umat manusia karena ditebus dosanya oleh Tuhan Yesus.

Dalam bacaan juga disisipkan contoh kesetiaan salah seorang murid-Nya, yaitu Maria Magdalena bersama Maria yang lain saat menengok kubur-Nya.

Maria Magdalena dikenal sebagai rasul dari para rasul.

Dialah orang pertama yang dijumpai Tuhan Yesus dan mendapatkan pengutusan mewartakan kebangkitan-Nya. Maria Magdalena taat, bersedia dan setia mengikuti-Nya sejak awal hingga kematian-Nya di kayu salib. Bahkan setia menengok kubur-Nya.

Pesan hari ini

Ishak diselamatkan Allah, juga Kristus dibangkitkan oleh Allah mengalahkan maut menyelamatkan umat manusia dari dosa, pada hari ketiga.

Hari yang sungguh istimewa.

Cintai hidup yang kau jalani. Jalani hidup yang kau cintai. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here