Hari Orang Muda Sedunia, OMK Keuskupan Sibolga Ziarah ke Gua Maria Santeong dan Nyekar ke Makam Dua Uskup

0
140 views
OMK Keuskupan Sibolga melakukan ziarah ke Gua Maria Santeong dan Nyekar ke makam dua uskup Keuskupan Sibolga dalam rangka Hari Orang Muda Sedunia. (Hadamean)

SEJUMLAH anggota perwakilan Pengurus Orang Muda Katolik Tapanuli Keuskupan Sibolga mengisi beberapa kegiatan dalam menyambut Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) 2021.

Hari Sabtu 13 November 2021, para kaum muda mengadakan ziarah ke Gua Maria Santeong Sibolga. Ziarah itu diisi dengan doa dan katekese tentang doa Rosario.

Setelah itu, OMK kemudian melanjutkan kegiatan memberikan paket sembako kepada orangtua lanjut usia yang berasal dari Komunitas Basis Gerejani (KBG) Santeong itu sendiri.

Hari Minggu 14 November, para perwakilan pengurus OMK merayakan Perayaan Ekaristi bersama dengan para Seminaris Menengah Santo Petrus Aek Tolang, Keuskupan Sibolga.

Nyekar ke makam dua uskup

Setelah misa, para OMK langsung menuju lokasi pemakaman mendiang Mgr. Ludovicus Simanullang OFMCap dan Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap.

Di lokasi pemakaman, kaum muda diajak untuk berdoa, menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya dan Bangun Pemuda-Pemudi, pentaburan bunga dan katekese tentang orang Kudus di dalam Gereja Katolik.

OMK Keuskupan Sibolga melakukan ziarah nyekar ke Gua Maria Santeong Sibolga dan makam kedua uskup Keuskupan Sibolga. Ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Orang Muda Sedunia 2021. (Hadamean)

Koordinator HOMS Tapanuli, Elisabet menyampaikan bahwa kegiatan-kegaitan dalam rangka menyambut HOMS ini menjadi kesempatan yang memperjumpakan OMK kembali walaupun masih terbatas karena situasi pandemi saat ini.

Tetapi tidak mengurangi semangat perjumpaan antar orang muda yang digagas oleh Biro Kepemudaan Keuskupan Sibolga dengan Pastor Paroki.

Dalam bebereapa kegiatan ini, kami diberi kesempatan untuk mengkoordinir setiap kegiatan dengan maksud bahwa kami (OMK) harus menyadari bahwa menjadi bagian utuh dari Gereja.

Semoga di tahun berikut, situasi bumi semakin baik, sehingga kegiatan OMK bisa lebih dihidupkan, baik dalam bentuk pembinaan maupun pertemuan Akbar OMK.

Kegiatan Biro Kepemudaan Keuskupan Sibolga dalam rangka Hari Orang Muda Sedunia 2021. (Hadamean)

Tim Biro Kepemudaan Keuskupan Sibolga, Fr. Cyprianus Angkaday CMM, turut menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh perwakilan pengurus OMK bagian dari semangat perayaan Hari Orang Muda Sedunia.

Puncaknya perayaannya akan berlangsung hari Minggu 21 November 2021, tepatnya pada Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Hari ini, kita bersama OMK walaupun dalam keterbatasan peserta karena situasi Pandemi tetap melaksanakan kegiatan yang didasarkan pada Landasan Perayaan HOMS 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here