Hari Raya Penampakan Tuhan

0
188 views
Epifani, Hari raya Penampakan Tuhan

EPIFANI Tuhan atau Penampakan Tihan sebagai terang yang dirayakan pada tanggal 7 Januari 2024 merupakan peristiwa penting di musim Natal. Nabi Yesaya mewartakan terang yang telah datang ke Yerusalem, kepada bangsa Israel, dan semua bangsa, mendesak mereka untuk bangkit dan bersinar. Pada Pesta Keluarga Kudus, Simeon menggendong bayi Yesus dan berbicara tentang Mesias, Terang bagi bangsa-bangsa.

Orang majus dari Timur yang dibimbing oleh bintang-Nya datang ke Yerusalem untuk menyembah Yesus. Mereka bertemu Herodes, para imam kepala, dan ahli-ahli Taurat, lalu berangkat mencari Yesus, Sang Terang. Namun, para pemimpin orang-orang Yahudi tidak tertarik pada Cahaya, dan Herodes mencoba membunuh-Nya, karena takut akan kehadiran Cahaya. Peristiwa ini dikenang pada Hari Raya Para Martir Kanak-kanak (28 Desember).

Liturgi Epifani menyampaikan dua pesan penting bagi kehidupan kita: yang pertama adalah tentang Yesus, Terang dunia, dan yang kedua adalah tentang tanggapan manusia terhadap Terang itu.

Orang majus dari Timur mewakili bangsa-bangsa bukan Yahudi yang datang untuk menyembah Yesus dan membawa persembahan. Mereka mengakui Yesus sebagai raja, imam, dan nabi. Yesus, Sang Terang, menyinari siapa pun dan menuntun mereka menemukan keselamatan. Dia ingin murid-murid-Nya pergi ke seluruh dunia untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya (Matius 28:20).

Respon terhadap terang ada dua: orang mau menerima dan berjalan mengikutinya, atau mereka menolak terang dan memilih hidup dalam kegelapan.

Orang bijak dari Timur mengikuti cahaya tersebut hingga mereka menemukan Tuhan di antara manusia dan menyembah-Nya. Sementara itu, para pemimpin Yahudi dan Herodes memilih menolak terang, berusaha menghancurkan Yesus dan menyalib Yesus, Sang Terang, karena mereka membenci terang.

Sebagai pengikut Yesus, apakah kita sudah hidup dalam terang? Apakah kita telah mewartakan Yesus, Sang Terang, kepada mereka yang hidup dalam kegelapan (dosa, kejahatan, kebencian, dan rasa putus asa)?

Semoga Yesus Kristus, Sang Terang menyinari semua orang lewat kita, para pengikut-Nya.

Minggu, 7 Januari 2024
Hari Raya Penampakan Tuhan
Alherwanta, O.Carm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here