Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Hati-hati dan Waspada terhadap Berbagai Pengaruh

Hati-hati dan Waspada terhadap Berbagai Pengaruh

0
Kepala Yohanes Pembabtis. (Ist)

MUTIARA IMAN
Selasa, 14 Feb 2012

LECTIO:
Yak.1:12-18
Mzm.94:12-13a,14-15,18-19
Mrk.8:14-21

MEDITATIO:
Dalam Injil hari ini, Tuhan Yesus hendak mengingatkan para muridNya untuk waspada terhadap pengaruh (atau dalam istilahNya “ragi”) orang-orang Farisi dan Herodes. Yesus minta kepada muridNya untuk hati-hati dalam melihat dan mendengar apa saja yang ada disekitar mereka. Selama ini, orang-orang Farisi dan Herodes menjadi sekelompok yang tidak menyukai kemunculan figur seperti Yesus. Mereka dengan berbagai cara berusaha menghalangi orang lain bergaul dengan Yesus. Bahkan Herodes telah tega membunuh Yohanes Pembaptis (bdk.Mrk.6:14-29).

Pada zaman ini, berbagai pengaruh bukan saja bisa datang dari satu orang atau sekelompok orang. Pengaruh buruk juga dapat tersebar melalui jaringan media komunikasi, dari surat kabar, majalah, bacaan, pesan melalui handphone dan situs-situs dalam internet. Berhadapan dengan kenyataan itu, kita pun perlu menggunakan mata dan telinga kita secara hati-hati, selektif dan bijaksana. Sikap hati-hati dan waspada terhadap berbagai pengaruh diperlukan supaya iman dan keterkaitan kita kepada Tuhan Yesus tetap kuat dan bersih.

CONTEMPLATIO:
Pejamkan mata Anda selama beberapa menit. Ingatlah kembali pengaruh-pengaruh buruk/jahat yang banyak beredar di sekitar Anda atau bahkan hampir mempengaruhi Anda.

ORATIO:
Tuhan Yesus, bantulah aku untuk menjadi seorang teguh dalam berbagai pengaruh atau godaan buruk/jahat yang terdapat di sekelilingku. Amin.

MISIO:
Dalam hidup sehari-hari, aku akan menjadi orang yang bersikap tenang dan mampu mengendalikan diri dan bijak shg tidak berbuat buruk/jahat dan mengganggu orang lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version