In Memoriam Br. Michael Pudyartana FIC, Adik Kandung Alm. Romo St. Darmawijaja Pr dari Piyungan (2)

0
67 views
RIP Br. Michael Pudyartana FIC (1939-2024)

BERIKUT ini kami sampaikan riwayat hidup almarhum Br. Michael Pudyartana FIC yang di kalangan kolega para bruder FIC sering dipanggil akrab: Bruder Mic.

Adik kandung almarhum Romo St. Darmawijaya Pr

Br. Michael Poedyartana akrab dipanggil Br. Mic. Ia anak pasutri bernama Bapak FJ Darmomargana dan Ny. Sumilah; anak kedua dari 10 bersaudara. Kakaknya kandungnya bernama Romo St. Darmawijaya Pr.

Almarhum Romo Darmawijaya Pr adalah imam diosesan Keuskupan Agung Semarang. Selama hidupnya sekian puluh tahun, Romo Darma berkarier sebagai dosen Kitab Suci di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma dan formator untuk para calon imam diosesan di Seminari Tinggi St. Paulus Kentungan, Yogyakarta.

Setelah tamat dari SGB Muntilan tahun 1956, Michael Poedyartana bergabung dalam Kongregasi Bruder FIC. Masa novisiat dimulai pada tanggal 1 Juli 1957. Prasetia pertama diucapkan tanggal 2 Juli 1958. Prasetia seumur hidup diucapkan pada tanggal 2 Juli 1963.

Guru di SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Solo

Sesudah mengucapkan prasetia pertamanya, sebagai bruder muda, Br. Mic bertugas di SD PL Bernardus Semarang selama dua tahun (1958 – 1959). Pada tahun 1959-1960, Br. Mic mendapat pengutusan studi di SGA/PG Don Bosko. Selanjutnya, Br. Mic pindah ke Komunitas Surakarta; dengan tugas menjadi guru SMP PL Bintang Laut Solo tahun 1960-1961. 

Pada tahun 1961-1965, Br. Mic pindah ke komunitas Yogyakarta untuk studi Bahasa Inggris di IKIP Sanata Dharma. Pada tahun 1965-1968 Br. Mic pindah ke Komunitas Ambarawa; menjalani tugas sebagai Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur Ambarawa. Pada tahun 1968-1970 Br. Mic pindah ke Komunitas St. Josef Candi Semarang; menjadi guru SPG PL Don Bosko.

Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang dan SMA PL Jakarta

Pada tahun 1970-1971 Br. Mic bertugas sebagai guru SMP Pangudi Luhur di Bayat dan Wedi. Ia tinggal di Komunitas Klaten. Pada tahun 1971-1977, Br. Mic pindah ke Komunitas Randusari Semarang; menjalani tugas menjadi Kepala Sekolah SMP PL Domenico Savio.

Selanjutnya, tahun 1978–1991 Br. Mic mendapat pengutusan menjadi Kepala Sekolah SMA Pangudi Luhur Jakarta. Ia tinggal di Komunitas FIC Immaculatae, Jl. Haji Nawi 21, Jakarta Selatan. Setelah memasuki masa purnakarya sebagai pendidik di Yayasan Pangudi Luhur, Br. Mic bergabung dengan Redaksi Majalah Hidup sebagai staf personalia. Tugas ini dijalani pada tahun 1992-2007.

Berkarya di Majalah Hidup

Setelah selesai pengabdiannya di Majalah Hidup, Br. Mic menjalani hari-harinya di Komunitas FIC Immaculatae, Jakarta Selatan. Tidak ada tugas tetap yang mengikatnya. Meski demikian, Br. Mic masih sering diminta memberi pendampingan berbagai kelompok dengan enneagram-nya.

Pada umumnya, kondisi kesehatan Br. Mic baik. Ia termasuk orang yang disiplin dalam merawat kesehatannya. Kesehatannya mulai menurun, sejak mengalami gangguan dengan prostatnya. Pada Desember 2021, Br. Mic menjalani operasi prostat di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta.

Pada hari Kamis 29 Februari 2024, pukul 14.48 WIB, Br. Michael Poedyartana menghadap Bapa di surga.

Selamat jalan Br. Mic. Berbahagialah bersama para kudus di surga. Doakan kami selalu. (Selesai)

Baca juga: In Memoriam Br. Michael Pudyartana FIC: Jalan berliku bersama Sang Guru (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here