IYD 2023 Palembang, Tinggal Tujuh Tahun Selamatkan Bumi dari Bahaya Bunuh Diri Massal (18)

0
126 views
Penggiat lingkungan Romo Ferry Sutrisna Widjaja bersama OMK di sesi Katekese Lingkungan di Indonesian Youth Day (IYD) 2023 Palembang. (Mathias Hariyadi)

MENGUTIP pendapat aktivis lingkungan dari Swedia Greta Thunberg, penggiat lingkungan dari Eco Camp Bandung Romo Ferry Sutrisna Widjaja Pr mengatakan demikian.

Kini hanya tersisa waktu tinggal tujuh tahun saja sebelum 2030 bila kita berbuat sesuatu yang berarti untuk menyelamatkan Ibu Bumi dan melestarikannya sebagai “ibu” dan tanah dari mana kita semua berpijak hidup.

Bila tidak berbuat sesuatu, demikian keyakinan Greta, maka itu artinya sama saja kita akan melakukan bunuh diri massal. Karena bumi sudah telanjur (sangat) menderita karena dirusak oleh ulah manusia yang mengeruk hasil bumi tanpa pernah peduli ingin melestarikannya.

Tindakan-tindakan merusak bumi itu antara lain kegiatan mining (pertambangan) tanpa memperhatikan ekosistem dan penghijauan serta pengurukan tanah agar tetap bisa ditanami.

Juga penebangan pohon, penggundulan hutan, membuang limbah sampah B3 secara serampangan dan sembarangan, dan masih banyak lagi.

Katekese Belajar Mencintai Lingkungan di forum Indonesian Youth Day 2023 di Palembang menjadi sarana bagi Romo Ferry untuk memberi perspektif baru dan wawasan penting kepada OMK Indonesia.

Mari bersama-sama mencintai dan merawat bumi. (Berlanjut)

Baca juga: IYD 2023 Palembang – Masih Berani Ngaku Katolik Kalau tak Tahu Ajaran Gereja Modern (17)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here