Jepang: Lebaran, Alpukat, dan Virus

0
79 views
Harga alpukat di Jepang by HB Sapto Nugroho

BOSAN juga tiap hari dengar tentang virus. Kali ini cerita ringan aja yaitu tentang alpukat. Menjelang Lebaran, semoga tulisan ini bisa menjadi masukan hidangan apa yang bisa dibuat di saat Lebaran, besok atau hari hari setelah Lebaran.

Belanja alpukat

Untuk berbuka puasa atau merayakan Lebaran, berbagai macam makanan kita buat.

Pernahkan atau adakah yang menu buka puasanya pakai “alpukat” ? Kalau anda ke Jepang dan mungkin masuk restoran, tidak akan kita temui yang menjual jus alpukat. Paling jus jeruk, strawberry, pisang, nanas, mangga, kebanyak buah impor, karena Jepang tidak punya buah negara tropis.

Kalau anda masuk supermarket di Jepang, dan cari alpukat di bagian buah-buanan, maka tidak akan ketemu alpukat. Carilah di bagian sayuran, maka baru akan kita temui “alpukat”.

Alpukat dikategorikan sebagai “sayuran”, bukan hanya kategori, tetapi dalam konsumsinya pun dipakai sebagai sayuran.

Salad dan sushi

Makanan Jepang yang terkenal adalah “sushi” yaitu nasi yang di atasnya dikasih ikan. Ternyata tidak hanya ikan, ada juga udang, dan satu lagi ada jenis sushi udang dan alpukat. Kalau nanti ada kesempatan silahkan dicoba.

Selain udang dan alpukat, diberi juga daun bawang bombay. Silahkan coba.

Seperti tomat juga, yang lebih kita kategorikan sebagai sayur, meski kita sering bilang buah tomat dan buah alpukat. Di supermarket, di bagian jajaran salad, maka akan kita temui juga salad yang berisi berbagai sayuran, di dalamnya ada potongan alpukat.

Buah alpukat by HB Sapto Nugroho

Alpukat di Jepang ini dari mana?

Di Jepang tidak akan kita temui pohon alpukat. Jadi semua buah alpukat yang dijual di jepang adalah impor. Hampir semua alpukat yang saya temui semua berasal dari Mexico. Kalau kita lihat dari lokasi atau posisi Mexico, jarak dari Jepang cukup jauh. Indonesia lebih dekat ke Jepang dari pada ke Mexico, tetapi saya belum pernah menemukan alpukat Indonesia dijual di Jepang.

Kebutuhan alpukat di Jepang cukup banyak, selain untuk salad, sushi, juga ada untuk pizza,dan mungkin lebih banyak lagi menu makanan yang menggunakan alpukat.

Semoga informasi ini terbaca oleh pengusaha alpukat.

Semoga suatu saat alpukat Indonesia bisa masuk pasar Jepang.

Harga alpukat

Saya dan isteri senang mengkonsumsi alpukat. Seminggu sekali, kita beli alpukat. Harga alpukat bervariasi tergantung besarnya. Harga yang pernah saya temui per satu biji adalah 98 yen, 158 yen, dan ada yang 198 yen. Makin besar buahnya makin mahal.

Buah yang dijual tidak semua siap dimakan. Kadang kita harus simpan dulu dirumah dua atau tiga hari baru kita bisa makan. Pernah kita lupa, buah terlalu masak, waktu kita buka sudah busuk. Jadi kalau kita beli alpukat setiap hari kita mesti cek sudah empuk atau belum.

Kita tidak tahu “kematangan” alpukat hanya melihat dari kulitnya.

Alpukat di Jepang hasil impor dari Meksiko by HB Sapto Nugroho

Virus dan alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang cukup banyak. Dalam keadaan pandemi ini, kita perlu makanan bergizi, salah satunya kita bisa makan alpukat untuk bisa menambah kekebalan kita. Kalau kondisi kita sehat , maka sangat sukar terjangkit virus.

Hari kemarin adalah hari terakhir puasa untuk umat Muslim. Meski tidak mudik dan bahkan besok sholat Ied di rumah akan tetapi tidak mengurangi rasa “bahagia”. Rasa bahagia ini merupakan bahagia karena bisa mengalahkan “diri sendiri”.

Begitu juga mengalahkan niat untuk mudik demi banyak orang terutama untuk para tenaga medis dan rumah sakit sehingga tidak membludag jumlah yang terjangkit virus. Untuk keluarga di kampung halaman pun bisa terhindar dari virus.

Selamat lebaran untuk saudara-saudara dan teman-teman yang merayakan,. Semoga semua ibadah puasa yang telah dijalankan menambah kebaikan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang di sekitar kita.

Salam senang dan tetap berbagi dan menyebar “virus kebaikan”

23 Mei 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here