Home BERITA JPIC Conventual Temui Para Postulan Ajak Mereka Bersikap dan Bertindak

JPIC Conventual Temui Para Postulan Ajak Mereka Bersikap dan Bertindak

0
JPIC Conventual Temui Para Postulan Ajak Mereka Bersikap dan Bertindak. (OFMConv)

HARI Minggu 14 Januari 2024, para Postulan I dan II Conventual mengikuti pertemuan dengan Pastor Michael OFMConv. Ia merupakan utusan JPIC Conventual.

Ia datang ke Indonesia untuk menyapa para Postulan. Disertai oleh Pastor Bonaventura Hendrikus Roi Gultom OFMConv, Ketua JPIC  Conventual Provinsi Maria tak Bernoda Indonesia.

Pertemuan bertempat di ruang rapat kuria provinsi. Diawali imulai doa pembukaan, barulah Pastor Michael memperkenalkan dirinya.

Ketua JPIC Fransiskan Konventual Pastor Michael datang mengunjungi para postulan untuk bicara tentang apa dan bagaimana JPIC Konventual itu. (OFMConv)

Jesus is the Lord

Ia bicara tentang apa dan bagaimana JPIC: justice, peace and integrity of creation. Paparan tentang tugas dan karyanya disampaikan dalam Bahasa Inggris dan barulah kemudian diterjemahkan oleh Pastor Bonaventura Gultom. Pastor Michael mengatakan, tindakan JPIC ialah ketika kita mengatakan “Jesus is the Lord“, maka “bagaimana kita harus bertindak?”

Ia juga memberi pemahaman dengan beberkan perumpamaan tentang kisah Santo Fransiskus yang awalnya merasa jijik bergaul dengan orang-orang kusta. Namun, Fransisku pada akhirnya berbalik arah; kemudian memeluk dan hidup bersama dengan orang-orang kusta. Tidak hanya itu, karena Pastor Michael juga mengambil kisah orang Samaria baik hati.  

Motivasi untuk bersikap dan bertindak

Kedua perumpamaan ini mengantar para postulan sampai pada pemahaman tentang apa dan bagaimana  JPIC. Dari paparan kisah tentang orang Samaria yang baik, pastor mengajak para postulan berefleksi dan menempatkan ke mana posisi diri mereka dalam kisah tersebut.

Ia kemudian juga mengajak para postulan untuk melihat orang-orang yang terpinggirkan, tersudutkan dan terlantar sebagai anugerah serta rahmat. Kemudian memandang mereka dengan kesetaraan yang sama, sehingga orang-orang seperti ini harus diperlakukan dengan adil. Tidak hanya itu, setiap postulan pun diminta agar berlaku adil dengan alam ciptaan.

Maksudnya, kita semua agar selalu tetap komit mau menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar sehingga terciptalah sebuah karya baru yaitu kedamaian.

JPIC Conventual datang ke Delitua dan temui para Postulan untuk ajak mereka bersikap dan bertindak. (OFMConv)

Komunitas Konventual Santo Yoseph Delitua

Sebagai acara penutup sekaligus perpisahan dengan Pastor Michael, Komunitas Santo Yoseph Delitua mengadakan rekreasi malam. Dimulai dengan sambutan dari Komisaris Provinsi Maria tak Bernoda Indonesia Pastor Cornelius Tri Chandra Fajaryanto OFMConv, guardian biara Pastor Titus Khian Limngardi OFMConv, dan Pastor Michael. Ia mengungkapkan rasa terimakasih dan kegembiraanya bisa mengunjungi para Saudara Fransiskan Conventual Indonesia.

PS: Artikel disiapkan oleh Sdr. Mario Tarigan dan Indra Ukat – keduanya Postulan II Conventual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version