Kedudukan dan Harta

0
239 views
Ilustrasi: Gila harta, kedudukan dan pujian

Bacaan 1: 2Kor 4:7-15

Injil: Mat 20:20-28

Kedudukan dan harta adalah dua hal yang sangat dicari oleh setiap orang di dunia. Dikejar dan digapai bahkan dengan cara apapun.

Seseorang yang duduk di sebelah kanan dan kiri raja, tentu bukanlah orang sembarangan. Dia tentu merupakan orang kepercayaan raja, kekuasaannya kadang bisa sama dengan raja karena ia mewakili raja.

Meski ia orang nomor dua setelah raja, namun bisa disebut pemimpin. Punya tanggung jawab besar dan tidak mudah.

Kenyataannya, banyak orang yang tidak paham arti kepemimpinan. Pemimpin dilihat sebagai orang yang keren, terpandang, punya penghasilan besar dan dilayani banyak orang.

Kebahagiaan dan keberhasilan seseorang hanya dilihat dari kedudukan dan hartanya, padahal itu bukan tolok ukur.

Orang terlalu fokus pada kedua hal itu sehingga malah lupa siapa pemberinya, yaitu Tuhan dan malah menuhankan materi yang dimilikinya.

Tuhan Yesus menegur ibu dari Yohanes dan Yakobus tentang permintaannya agar kelak di surga kedua anak itu boleh duduk disamping kiri dan kanan-Nya.

“Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?”

Lebih lanjut Ia mengingatkan bahwa untuk menjadi “orang besar (pemimpin)” maka orang itu justru harus menjadi pelayan atau hamba. Tipe kepemimpinan yang diajarkan Tuhan Yesus adalah “Pemimpin yang Melayani”.

“Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;

sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Semenjak menjadi Kristen, warga Korintus banyak mendapatkan berkat kekayaan sehingga membuat mereka menjadi sombong. Rasul Paulus mengingatkan bahwa semua itu bersifat rapuh, jika tidak dikelola dengan baik.

Harta yang sejati adalah iman Kristus.

“Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata,

Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus. Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.”

Pesan hari ini

Iman Kristus adalah harta dan kedudukan sejati yang tak lekang oleh waktu karena bersifat kekal. Oleh iman Kristus, kamu akan dibawa hidup bersama-Nya.

“Kedudukan dan harta adalah hal pelik yang selalu mengganggu sekaligus membantu kehidupan umat manusia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here