Kegiatan HUT ke-5 Paroki Gembala Yang Baik Limpung, Batang, Keuskupan Purwokerto (2)

0
539 views
Gegap gempita OMK Paroki Limpung rayakan HUT ke-5 paroki. (Dok. Paroki Limpung)
OMK Paroki Limpung lakukan devosi kepada Sakramen Maha Kudus. (Anto/Paroki Limpung)

INILAH rangkaian kegiatan ulang tahun ke-5 Paroki Gembala Yang Baik Limpung.  Hal itu diadakan sebagai kesempatan untuk berrefleksi dalam terang rahmat Tuhan sekaligus kesempatan menyegarkan dan menghidupkan karya kasih Yesus, Sang Gembala Utama bagi peziarahan umat Paroki Gembala Yang Baik Limpung.

Rahmat yang dimohon dalam rangkaian acara HUT adalah “Rahmat agar kami, umat Paroki Gembala Yang Baik, mampu menjadi gembala yang baik sebagaimana Yesus, Gembala utama. Ajarilah kami menjadi gembala yang baik.”

Kegiatan-kegiatan itu terangkai selama kurang lebih 5 bulan terakhir ini:

  1. Ekaristi Pembukaan HUT ke-5 Paroki GYB Limpung

Ekaristi pembukaan diadakan pada hari Minggu, 22 April 2018 bertepatan dengan Hari Minggu Panggilan. Hari Minggu Panggilan biasa disebut pula sebagai Minggu Gembala yang baik. Bacaan-bacaan yang dipakai menampilkan kisah Gembala yang baik.

Pada kesempatan ini, rangkaian kegiatan HUT paroki dibuka.

Pembukaan ditandai dengan pendarasan doa harian ulang tahun ke-5 Paroki GYB Limpung. Selain itu, pada saat ini pula, para suster SND mengadakan live in dan aksi panggilan. Mereka tinggal di rumah umat, mengadakan wawanhati dengan umat dan aksi panggilan dengan anak-anak PIR dan OMK.

  1. Doa Harian HUT ke-5 Paroki GYB Limpung

Selama kurang lebih lima bulan, umat mempersembahkan syukur dan memohon rahmat dalam doa harian ulang tahun. Setiap kali umat merayakan Ekaristi, doa ini selalu didoakan. Kiranya ketekunan, kesetiaan untuk memohon rahmat kepada Tuhan akan menjadi sebuah capaian rohani yang baik bagi peziarahan umat beriman.

OMK Paroki Limpung lakukan devosi kepada Sakramen Maha Kudus. (Anto/Paroki Limpung)
  1. Doa Novena Pentakosta

“Syukur atas Roh Kudus yang menuntun umat-Nya menuju kebenaran dan kebaikan bersama.”

Novena ini dilaksanakan pada Jumat, 11 Mei s.d. 20 Mei 2018 dalam perayaan Ekaristi di paroki.

  1. Pendataan Keluarga Katolik GYB Limpung

Pendataan dilakukan dari bulan Mei sampai dengan Juni 2018. Pendataan umat melibatkan Ketua Lingkungan dan Stasi beserta orang-orang yang ditunjuk untuk melakukan pendataan. Per Juni akhir, data umat telah berhasil diterima oleh tim pendataan. Sesudah itu dilakukan komputerisasi.

Proses input data ke komputer dilakukan oleh OMK. Mereka membawa laptop ke pastoran dan mengerjakan input bersama-sama selama satu hari, dari pagi sampai sore.

  1. Penggalian profil dan data terkait lingkungan dan stasi

Kegiatan ini masih berhubungan dengan pendataan keluarga Katolik. Dalam waktu yang bersamaan, panitia bekerjasama dengan Ketua Lingkungan dan Stasi menggarap profil lingkungan dan stasi.

  1. Doa Meditatif dengan iringan musik Taizé

Kegiatan rohani ini diadakan pada hari Rabu, 23 Mei 2018; Pkl. 18.00. Kegiatan ini diadakan sebagai sarana pengenalan bentuk doa yang jarang dipakai oleh umat.

Ini sekaligus mempersembahkan ujub khusus bagi Gereja Limpung yang merayakan ulang tahun ke-5 dan secara umum untuk Bangsa Indonesia, yang (saat doa ini diadakan) situasi sosial kemasyarakatan, toleransi antarumat beriman kurang kondusif. Gereja berdoa untuk kedamaian, keharmonisan dan keselamatan jiwa-jiwa korban teror.

  1. Rekoleksi WKRI Paroki GYB Limpung

Salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun paroki adalah diadakannya Rekoleksi WKRI. Rekoleksi ini bertepatan pula dengan hari ulang tahun ke-94 WKRI Nasional. Rekoleksi didampingi oleh Romo Tri dan Romo Budi.

yang diangkat tentang WKRI menjadi “Injil yang Hidup dan Menghidupkannya” di tengah keanekaragaman. Peserta rekoleksi kurang lebih berkisar 60-an orang.

WKRI Limpung memiliki tiga ranting, yakni Subah, Limpung, Kedawung. Dalam kesempatan ini, WKRI Cabang Batang pun turut hadir dalam rekoleksi. Mereka berasal dari Bandar dan Simbang. Rekoleksi diadakan pada hari Selasa, 26 Juni, pukul 10.00 s.d. 14.00 ditutup dengan Perayaan Ekaristi.

  1. Sosialisasi Pendalaman Iman Spiritualitas Gembala Yang Baik

Sosialisasi diadakan pada hari Jumat, 29 Juni, Pukul 13.00 di aula pastoran. Perwakilan pemandu dari Stasi dan Lingkungan hadir dalam sosialisasi ini.

  1. Pendalaman Iman Spiritualitas Gembala Yang Baik

Bulan Juli merupakan Bulan Gembala Yang Baik, Mengapa? Karena pada bulan ini, umat Paroki GYB Limpung menggeluti Spiritualitas Gembala Yang Baik melalui pendalaman iman di Lingkungan dan Stasinya masing-masing.

Bahan-bahan Pendalaman Iman disusun oleh Tim Katekese dan para romo. Tema-tema digali dari Injil Yohanes yang berbicara tentang Gembala Yang Baik.

  1. Rekoleksi Spiritualitas Gembala Yang Baik

Setelah satu bulan umat mendalami Spiritualitas Gembala Yang Baik, di akhir bulan, umat diajak oleh Romo Giovanni Dodi Kurnianto untuk mbundeli pengolahan spiritualitas itu. Dalam rekoleksi, yang diadakan pada hari Minggu, 29 Juli 2018; Pkl 10.00 s.d. 14.00 di gereja paroki, Romo Dodi menawari permenungan tentang bagaimana kita menjadi gembala yang baik. Panggilan menjadi gembala ditujukan kepada seluruh umat beriman.

Selain itu, Romo Dodi meneguhkan umat untuk mau terbuka merasakan pengalaman dikasihi Tuhan adalah pengalaman dasarnya untuk sampai bisa meneruskan kasih itu kepada sesama.

  1. Lomba Menyanyikan Mazmur Tanggapan

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Juli 2018; 10.00 di gereja paroki. Lomba dibuka untuk seluruh umat paroki dan stasi. Ada pun peserta lomba 13 orang (pemula). Tim juri diketuai oleh Bpk. FX.Haryanto yang beranggotakan Ibu Veronika Kainah dan Sdr. Thomas Ekky.

  1. Lomba Membawakan Bacaan Misa

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 22 Juli 2018; 10.00 di gereja paroki. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang (pemula) dengan dinilai oleh Tim Juri Bpk. FX Haryanto, Ibu Veronika Kainah dan Sdr. Thomas Ekky.

  1. Kegiatan di bulan Agustus, Minggu, 5 Agustus 2018; 10.00 s.d. selesai.

Ada beberapa kegiatan yang diadakan pada hari ini. Waktu pelaksanaan bergantian.. Umat paroki dan stasi ambyur melebur dalam kebersamaan hari ini. Kemeriahan lainnya didukung oleh OMK yang menyiapkan lagu-lagu untuk menghibur umat dan peserta yang mengikuti lomba.

Mereka antara lain Daniel (kajon), Ekky (gitar, kibor), Lusi (penyanyi), Tasya, dan teman-teman OMK lainnya. Kegiatan di hari ini dihadiri oleh banyak umat. Semua stasi (Subah, Kedawung, Kuripan, Bawang, Plelen) dan lingkungan paroki memeriahkan acara ini dalam kebersamaan kasih. Semangat yang dibawa adalah sukacitaku, sukacitamu, sukacita kita.

  1. Lomba Makan Kerupuk untuk kategori PIA dimenangi oleh Juara 1 Mikael (Kuripan), Juara 2 Airis (Monika), Juara 3 Alvaro (Monika).
  2. Lomba Memindahkan Karet Gelang dengan Sedotan (berregu, kategori PIR) dimenangi oleh Juara 1 Kelompok V (Dimas, Justin, Atma dan Erika), Juara 2 Kelompok VI (Sulis, Parti, Iyan, dan Fareel), Juara 3 Kelompok IV (Tiara, Sisil, Robert dan Mifta).
  3. Lomba Balap Karung memakai helm untuk kategori PIR dan OMK dimenangi oleh Kategori Pria: Juara 1 Alfin (Markus), Juara 2 Dimas (Kedawung), Juara 3Dion (Petrus). Kategori Putri: Juara 1 Tasya (Subah), Juara 2 Indah Palupi (Bawang), Juara 3 Tania (Kedawung).
  4. Lomba Memasukkan Benang ke dalam Lobang Jarum untuk kategori usia lanjut dimenangi oleh Juara 1 Ibu Adriana (Monika), Juara 2Ibu Dwi Purnami (Petrus), Juara 3 Bpk. Sutrimo (Kuripan).
  5. Lomba Kreasi Poco-poco untuk lingkungan dan stasi.

Lima Tahun Paroki Gembala Baik Limpung, Batang, Keuskupan Purwokerto: Dinamika Kegiatan HUT (1)

13. Lomba Kreasi Poco-poco menjadi puncak perlombaan pada hari Minggu ini.

Ada tujuh peserta lomba kreasi Poco-poco. Para peserta telah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan latihan. Semangat peserta dalam mengikuti kegiatan ditampilkan dengan adanya seragam, berlatih bersama, dll.

Tim Juri yang membantu penilaian atas tampilan mereka adalah Bpk. Suroto (Simbang), Bpk. FX Haryanto dan Sdr. Thomas Ekky.

Lomba Kreasi Poco-poco dimenangi oleh Juara 1 Stasi Subah, Juara 2 Lingkungan Monika, dan Juara 3 Lingkungan Maria.

  1. Ekaristi HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Ekaristi memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diadakan pada hari Kamis, 16 Agustus 2018; Pkl. 18.00. Ekaristi bernuansa inkulturatif ditampilkan dari beberapa bagian, antara lain pakaian yang dipakai oleh para petugas doa dan penari Cucuk Lampah.

Para petugas doa memakai pakaian adat Tionghoa, Batak, dan Jawa;  pun doa-doa yang dibacakan memakai bahasa daerah. Semangat nasionalisme ini mau dihidupi dalam ekaristi ini. Selain itu, anak-anak PIA dan PIR memberikan persembahan dengan menyanyikan beberapa lagu kebangsaan yang mengobarkan semangat nasionalisme umat. Tak kalah juga OMK yang menampilkan mini drama yang bertema tentang kemerdekaan. Riuh gemuruh lagu Hari Merdeka mengobarkan umat dalam ekaristi ini.

  1. Kegiatan Sosial Kemasyarakatan: Pengobatan Gratis untuk Umum

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu:

Pertama, Stasi Kuripan (Sabtu, 25 Agustus, 10.00). Pengobatan gratis dilayani oleh dr. Honggo, dr. Tedjo dan dr. Vian dengan dibantu oleh Apoteker Ibu Dian dan Pak Tri (Batang), Tim Kesehatan Paroki, Ketua Stasi dan umat Stasi Kuripan, serta para anggota WKRI. Mereka melayani lebih dari 140 orang dari Desa Kuripan.

Kedua, Stasi Kedawung (Minggu, 26 Agustus, 10.00). Pengobatan gratis dilayani oleh dr. Ibrahim dan dr. Vian, apoteker Ibu Dian dan Pak Tri serta dibantu oleh Mba Atik, Tim Kesehatan paroki, Ketua dan umat Stasi Kedawung. Mereka melayani lebih dari 80 orang.

Layanan kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar.
  1. Kegiatan Donor Darah

Kegiatan Donor darah diadakan pada hari Minggu, 2 September 2018, Pukul 08. 30 s.d. selesai dan bertempat di Ruang Theresia. Donor darah diperuntukkan bagi umum. Pelayanan  donor darah dibantu oleh Tim PMI dari Batang. Beberapa umat Katolik dan masyarakat ambil bagian dalam kegiatan donor darah ini.

  1. Seminar Kesehatan: “Tetap Sehat di Usia Lanjut”

Pada hari Minggu 2 September 2018, bertempat di aula Yes Futsal, Lt. 2. Gereja mengadakan kegiatan Seminar Kesehatan yang bertema, “Tetap Sehat di Usia Lanjut.”

Meski temanya menunjuk pada mereka yang telah berusia lanjut, namun seminari ini diperuntukkan bagi umum. Seminar dimulai pukul 13.00, umat hadir dalam seminar dan tampak beberapa masyarakat ambil bagian dalam kegiatan ini.

Narasumber seminar adalah dr. Yuni Susilo SpKFR dan dimoderatori oleh dr. Cipto. Peserta seminar kurang lebih ada 90 an orang. Selain seminar, kegiatan ini disponsori pula oleh PT Novell Divisi Venus yang melayani tes osteoporosis gratis.

  1. Kegiatan dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional
  • Ekaristi Pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional

Ekaristi pembukaan dilakukan pada hari Minggu, 2 September 2018, pkl. 07.30 di Gereja Paroki. Perarakan Kitab Suci menjadi kekhasan liturginya. Selain itu selaras dengan usulan Komisi KS Keuskupan Purwokerto dan tema BKSN 2018, “Mewartakan Sabda dalam Kemajemukan,” Perayaan Ekaristi Pembukaan BKSN diadakan dengan beberapa variasi pada bagian lagu-lagunya. Untuk menerjemahkan makna kemajemukan di Indonesia dipakailah lagu bernuansa daerah tertentu seperti Batak, Jawa dan Tionghoa.

  • Lomba Cerdas Cermat tema Kitab Suci, Pengetahuan Iman Katolik dan Liturgi

Dalam rangka BKSN dan HUT ke-5 Paroki diadakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat. Bahan-bahan disiapkan oleh Tim Katekese yang tergabung dalam kepanitiaan HUT paroki. Peserta LCC adalah umat lingkungan dan stasi. Juara I, Lingkungan Maria, Juara 2, Lingkungan Monika, dan Juara 3, Lingkungan Markus.

  • Lomba Mewarnai dengan tema Kitab Suci “Gembala Yang Baik.”

Lomba ini diikuti oleh anak-anak PIA.  Ada kurang lebih 25 anak mengikuti kegiatan ini. Materi gambar yang dipakai adalah gambar Yesus Gembala Yang Baik.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Yes Futsal lt. 3. Para pemenangnya adalah Juara 1. Aerish Vimala Putri (Monika), Juara 2 Felice Nathania Setiawan (Maria), Juara 3 Anastasia Caroline (Maria), dan Juara harapan 1 Helga Chirstella (Subah), Juara harapan 2 Alexander Narendra (Maria), Juara harapan 3 GJ Jovan (Petrus).

  1. Novena Gembala Yang Baik

Jelang perayaan puncak ulang tahun ke-5 Paroki Gembala Yang Baik Limpung, umat mempersiapkannya dalam suasana doa dan syukur melalui Ekaristi Novena Gembala Yang Baik. Ekaristi Novena Gembala Yang Baik diadakan pada hari Kamis, 30 Agustus s.d. 7 September 2018, Pkl. 18.00 bertempat di gereja Paroki.

Dalam novena ini, umat mempersembahkan ujub pribadi sekaligus juga ujub harian paroki secara khusus sebagai ungkapan syukur dan harapan bagi umat Paroki Gembala Yang Baik Limpung. Tema yang direnungkan dalam novena,  “Yesus, Gembala yang mencintai tanpa batas.”

  1. Perayaan Ekaristi Ulang Tahun ke-5 Paroki Gembala Yang Baik Limpung

Hari ulang tahun berdirinya Paroki Gembala Yang Baik Limpung tepat pada Hari Sabtu, 8 September 2018. Namun, kami akan merayakan perayaan syukur ini dalam Ekaristi yang diadakan pada hari Minggu, 9 September 2018, Pukul 17.00 di Gereja Gembala Yang Baik Limpung. Mohon doa untuk kelancaran acara ini. (Selesai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here