Kekristenan itu Berasal dari Surgawi

0
198 views
Manusia surgawi datang dari atas dan diatas semuanya

Bacaan 1: Kis 5:27-33

Injil: Yoh 3:31-36

Setiap manusia pasti memiliki asal-usul, dari mana ia datang atau berasal. Untuk mengetahui darimana seseorang berasal tentu sangat mudah. Kita dengar saja, bahasa apa yang ia gunakan. Dari bahasa dan kata-kata yang diucapkan, seseorang bisa diketahui dari mana ia berasal.

Perikop hari ini mengajarkan bahwa ada dua jenis manusia, yaitu manusia yang berasal dari atas atau surgawi dan manusia yang berasal dari bawah atau dunia.

Sama seperti kriteria tadi, maka untuk membedakannya bisa dilihat dari kata-kata dan tindakannya. Manusia surgawi tentu akan berlaku seperti kehidupan di surga, berbeda dengan manusia duniawi identik dengan perilaku jahat.

Seorang pengikut Kristus disebut sebagai Kristen.

Berbicara tentang Kristen berarti membicarakan gereja, dimana Kristus adalah kepala dari jemaat atau gereja. Kristus adalah manusia yang berasal dari surga maka kekristenan berarti berasal dari surga.

Seseorang yang telah dibaptis menjadi Katolik maka ia menjadi “Tubuh Kristus” dengan kepalanya adalah Tuhan Yesus Kristus. Orang itu telah “dilahirkan kembali dalam Roh” dan menjadi keluarga surgawi.

“Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari surga adalah di atas semuanya.

Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu….”

Itulah yang dilakukan Petrus dan Yohanes serta para murid lainnya saat berdialog dalam sidang Mahkamah Agama dihadapan para ulama Yahudi. Sebagai “keluarga surgawi” mereka tidak tunduk kepada manusia namun justru berani menjadi saksi kebenaran.

“Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia.”

Bagi orang-orang yang mau percaya keilahian Yesus, maka akan mendapatkan ganjaran hidup kekal.

“Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”

Pesan hari ini

Seorang murid Kristus sejati adalah seseorang yang berasal dari atas, ia telah dilahirkan kembali dari atas, lahir dari Roh dan berasal dari surgawi.

Maka seorang murid Kristus sejati harus berani menjadi saksi Kristus.

“Tuhan adalah harapan orang pemberani, dan bukan alasan pengecut.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here