Kekuatiran yang Tidak Perlu

0
232 views

Bacaan 1: Bil 11:4b-15
Injil: Mat 14:13-21

Setiap orang pasti memiliki beban hidup, berat dan ringannya kadang tergantung bagaimana kamu menyikapinya.

“You feel heavy because you are carrying the weight of the earth inside you instead of simply being part of it.”

Kamu merasa berat karena membawa beban dunia di dalam dirimu, bukan menjadi bagian darinya.” Demikian sebuah ungkapan yang pernah kudengar.

Seiring usia maka beban hidup pasti makin bertambah karena tanggung jawab meningkat. Urusan pekerjaan, rumah tangga serta aktifitas lainnya bisa jadi sangat menyita waktu. Sehingga semangat dan harapan hidup kadang meredup.

Ada yang menginginkan hidup tenang tanpa beban namun itu sesuatu yang tidak mungkin. Sebenarnya tinggal bagaimana kita menyikapi dan menjalani hidup itu sendiri sehingga beban menjadi terasa lebih ringan.

Hidup hanya sekali, nikmatilah.

Bangsa Israel, merasakan beban perjalanan menuju “Tanah Terjanji” sangat berat. Mereka masih teringat bagaimana hidup enak di Mesir, bisa makan roti dan daging dengan mudah meski harus menjadi budak.

Musa pun merasakan beban berat dipundak karena harus memimpin bangsa yang besar dan tegar tengkuk itu maka ia mengeluh pada Allah,

“Aku seorang diri tidak dapat memikul tanggung jawab atas seluruh bangsa ini, sebab terlalu berat bagiku…

Jika Engkau berlaku demikian kepadaku, sebaiknya Engkau membunuh aku saja,…”

Musa kehilangan semangat dan harapan hidup, demikian juga para murid Yesus saat hari mulai gelap sementara mereka hanya punya lima roti dan dua ikan.

Para murid bingung dan panik karena ada lima ribu orang yang juga belum makan.

Namun mereka datang pada Tuhan Yesus meminta solusi. Saat curhat pada Tuhan, kadang Ia tidak menjawab seperti yang kamu inginkan. Tuhan justru memberi kekuatan agar kamu mau berusaha dan bangkit mengandalkan-Nya.

“Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.”

Sebuah jawaban yang membuat dirimu tidak “cemen” (lemah dan kekanak-kanakan) namun punya kekuatan baru, yaitu penyertaan Tuhan dalam hidupmu.

Pesan hari ini

Setiap orang pasti memiliki beban hidup, datanglah pada Tuhan Yesus sebab Ia akan memberimu kekuatan untuk memikul beban itu.

“Permata tidak mungkin berkilau tanpa polesan dan gesekan, demikian juga manusia sempurna tanpa cobaan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here