Ketika Gue Sombong

0
40 views
Sombong

Bacaan 1: 2Raj 19:9b-11.14-21.31-35a.36

Injil: Mat 7:6.12-14

Beberapa tahun lalu sempat viral penangkapan seorang “crazy rich” Medan yang terlibat dalam aplikasi investasi Binomo. Investasi yang disebut illegal dan telah memakan banyak korban. Binomo adalah sebuah platform trading, yang menawarkan berbagai aset seperti pasangan mata uang, saham, indeks, komoditas, dan mata uang kripto.

Sebelumnya, “Crazy Rich” tersebut juga berlaku sombong karena mengaku lebih pintar dari Tuhan.

Ia mengklaim bisa membuat Tuhan bingung dan tidak bisa memiskinkannya lagi. Namun, orang itu akhirnya “menuai panen”, ditangkap polisi, dijadikan tersangka dan hartanya disita (dimiskinkan).

Dalam bacaan hari ini, Raja Sanherib dari Asyur juga berlaku sombong dengan merendahkan kemampuan Allah. Ia mengklaim bahwa Allah-nya Raja Hizkia, bangsa Yehuda tidak akan mampu melawannya atau mengalahkannya.

Dari Kitab Suci kita mengenal kesalehan Raja Hizkia meski ayahnya hidup menyembah berhala. Ia banyak melakukan hal benar dihadapan-Nya. Raja Hizkia juga banyak melakukan revitalisasi rumah ibadah, memulai kembali ibadah keagamaan yang sempat hilang.

Maka saat ia mendapati Allah-nya dihina oleh Raja Sanherib, ia bergegas berdoa di rumah Tuhan dan berserah kepada-Nya. Doanya didengar oleh Tuhan dan Ia melindunginya dari serangan Raja Asyur tersebut.

“Ia tidak akan masuk ke kota ini dan tidak akan menembakkan panah ke sana; juga ia tidak akan mendatanginya dengan perisai dan tidak akan menimbun tanah menjadi tembok untuk mengepungnya.

Melalui jalan, dari mana ia datang, ia akan pulang, tetapi ke kota ini ia tidak akan masuk,* demikianlah firman TUHAN.

Dan Aku akan memagari kota ini untuk menyelamatkannya, oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.”

Demikian jawaban Tuhan atas doa Raja Hizkia yang saleh terhadap kesombongan Raja Sanherib.

Jangan memperlakukan hal tidak baik kepada pihak lain jika kamu tidak ingin mendapatkan balasan yang tidak baik pula, terutama kepada Allah Raja Semesta Alam. Allah adalah kudus maka jagalah kekudusan itu jangan untuk “main-main” dan jangan dihina.

Hal inilah yang dikatakan Tuhan Yesus,

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.”

Cintailah Allah dan sesamamu, maka Ia akan mengasihimu serta melindungimu.

Pesan hari ini

Mulailah dari dirimu dahulu, jangan sombong dan jangan menuntut orang lain berbuat baik padamu sebelum kamu berbuat baik kepadanya.

“Ketika sombong bertemu kebenaran, ia akan terpukul oleh realitasnya sendiri.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here