Ketika Tuhan Menyelamatkan Keluargaku

0
259 views
Pastur Edmond (ayah) dan pastur Philip (anak)

Bacaan 1: 1Sam 3:1-10,19-20

Injil: Mrk 1:29-39

Panggilan Tuhan tidak akan lari kemanapun, dia akan tetap mengejar hingga tertangkap. Edmond Ilg dalam usia 62 tahun tidak akan pernah menyangka ditahbiskan sebagai seorang pastur pada 21 Juni 2020.

Anaknya, pastur Philip sudah terlebih dahulu ditahbiskan pada tahun 2016.

“Bersama Philip adalah hadiah yang luar biasa, dan dia mendoakan saya dan menginvestasikan saya adalah hadiah terbesar,” kata Edmond.

Setelah ibunya, Constance (Connie) meninggal, Pastur Philip sangat percaya Tuhan akan menyelamatkan ayahnya yang duda itu dan membayangkannya menjadi imam karena ada sebuah misi dari Tuhan. Hanya saja pikiran itu tidak pernah terucap sebelum akhirnya momen itu benar-benar datang.

Dilansir Catholic News Service (CNA), 24 Juni 2020, Edmon adalah seorang Lutheran (bukan Katolik Roma) yang kurang taat beribadah, menjadi katolik dengan mengikuti kegiatan katekumen di Neocatehumenal Way, sebelum menikahi Connie.

Pastur ayah dan anak itu mengatakan kepada CNA bahwa mereka sangat berterima kasih atas komunitas Neocatechumenal Way, yang digambarkan Philip sebagai ”alat yang digunakan Tuhan untuk menyelamatkan keluarga saya.”

Pastur Edmon dan Pastur Philip mensyukuri panggilan misi Tuhan tersebut dengan membaktikan diri melayani-Nya. Ibu Simon Petrus mensyukuri kesembuhannya dengan segera melayani-Nya.

Tuhan Yesus sendiri memberi teladan bermisi:

“Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang.”

Ibu Hana (istri Elkana) mensyukuri kebaikan Tuhan yang telah menyelamatkannya sebagai perempuan aib di Yahudi karena kemandulannya, dengan merelakan Samuel anaknya, melayani-Nya.

Samuel yang muda itu menjadi pelayan TUHAN di bawah pengawasan Eli, sesuai nazar ibunya. Saat dalam mimpi ia dipanggil untuk ketiga kalinya oleh Allah maka imam Eli menyarankan untuk menjawab:

“Berbicaralah, sebab hamba-Mu ini mendengar.”

Pesan hari ini

Tuhan Yesus datang untuk menyelamatkanmu dan keluargamu.

Mari mensyukuri panggilan sebagai katolik mengikuti Kristus dengan bermisi mewartakan-Nya kepada orang-orang di sekitar.

“Jika kamu ingin menemukan kebahagiaan, temukan rasa syukur.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here