Koleksi Patung di Museum Katedral Jakarta (4)

0
1,159 views

TIDAK hanya kasula, sibori, dan monstrans lama yang disimpan di Museum Katedral Jakarta. Tapi juga ada koleksi berbagai patung. Di antaranya patung Hati Kudus Yesus, patung sepasang malaikat yang selama hampir seabad lamanya menghiasi pemakaman para pastur di TPU Tanah Abang, Jakarta Pusat sampai akhirnya kompleks pemakaman ini digusur.

Juga ada patung Bunda Maria berkonde, diapit oleh sepasang pria wanita Jawa yang sedang menyembah. Tiga arca kecil ini dikerjakan oleh Romo Reksaatmadja SJ sekitar tahun 1930, saat beliau belajar teologi di Negeri Belanda. Ia mengerjakan ini sebagai latihan untuk pengembangan kesenian katolik khas Jawa. Romo Reksaatmadja SJ meninggal saat diinternir Jepang tahun 1953.

Juga ada patung berbentuk perahu dayung yang replikanya menggambarkan jenis perahu yang pernah dikayuh Romo Bonneke SJ yang menjadi misionaris dan wafat di Flores sekitar 200-an tahun silam.

Koleksi langka Museum Katedral juga mengoleksi buku-buku dokumentasi “peristiwa gerejani” seperti Buku Perkawinan sejak tahun 1886; Buku Baptis tahun 1881; Buku-buku tata misa Bahasa Latin, Buku Lagu-lagu Gregorian dan sejumlah buku profan lainnya.

Yang tak kalah pentingnya, museum ini terbuka untuk umum setiap hari Senin, Rabu, Jumat, mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Sumber: Situs Resmi Gereja Katedral Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here