Komunitas PIJ Semarang Gelar HUT ke-180 Kongregasi Suster Sang Timur

0
41 views
Kepala Sekolah sekaligus Pemimpin Komunitas Sr. Theofrida PIJ bersama Camat Pedurungan, dan Ketua Sahabat Sang Timur Semarang Joseph Murniyanto. (PIJ)

TAHUN 2024 ini, Kongregasi Suster-suster Sang Timur (PIJ) merayakan HUT keberadaannya yang ke-180. PIJ singkatan dari Pauperis Infantis Jesu. Para suster dari Kanak-kanak Yesus yang Miskin (PIJ) mengabdikan diri untuk melayani anak-anak dan kaum muda; terutama mereka yang miskin dan terlantar.

Pendiri tarekat PIJ adalah Beata Clara Fey.

Diperingati di seluruh komunitas di Indonesia
Peringatan dilaksanakan di semua komunitasnya di Indonesia. Rumah pelayanan suster-suster PIJ di seluruh Indonesia saat ini berjumlah 35. Termasuk di Semarang.

Di Semarang HUT ke-180 tarekat PIJ diperingati dengan menggelar perayaan ekaristi. Bagi anak-anak yang bersekolah di TKK dan SDK Sang Timur. Berlangsung tanggal 8 Februari 2024. Sementara, kegiatan lainnya dihelar tanggal 23, 24, dan 25 Februari. Berupa kegiatan aneka lomba anak-anak, bazar, dan gerak jalan sehat.

Penulis bersama Sr. Theofrida PIJ.

Komunitas Suster PIJ Semarang sejak 1987
Di Semarang, komunitas Suster Sang Timur dimulai dengan rumah biara tahun 1987. Dengan menyewa sebuah rumah. Barulah tahun-tahun berikutnya pembangunan rumah biara serta gedung Sekolah.

Tahun pertama karya pendidikan ini dimulai hanya dengan 17 murid saja. Tetapi perkembangannya sekarang sudah menjadi sekolah yang besar dan banyak muridnya.

Dalam peringatan HUT ke-180 Kongregasi PIJ ini, Camat Pedurungan Semarang Agus Junaedi memberikan sambutan. “Sekolah Katolik Sang Timur ini merupakan sekolah Katolik di belahan timur Kota Semarang. Sehingga umat di daerah Semarang Timur ini sangat terbantu dengan hadirnya pelayanan pendidikan dari para suster Sang Timur,” kata Junaedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here