Kursus Dasar Fransiskan untuk 28 Frater Konventual (OFMConv)

2
303 views
Ilustrasi: 28 Frater Fransiskan Konventual (OFMConv) mengikuti program kursus mengenal lebih dalam kharisma dan spiritualitas Bapa Pendiri St. Fransiskus Assisi. (Ist)

PARA frater Ordo Saudara Dina Konventual (OFMConv) Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia, mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan memperdalam kharisma Santo Fransiskus dari Assisi, Sang Pendiri Ordo.

Peristiwa ini berlangsung dari tanggal 6-10 April 2021 bertempat di Skolastikat OFMConv di Sinaksak, Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Tema utama yang didalami dalam kursus ini adalah sumber-sumber Fransiskan (Fonti Francescane) secara umum sebagai dasar dan bahan.

Tujuannya untuk mengenal lebih dekat spiritualitas Sang Pendiri Ordo, Fransiskus dari Assisi dan juga kharisma Fransiskan.

Dua hari terakhir, para frater disegarkan  lewat pengenalan lebih dekat secara khusus dua penulis biografi Santo Fransiskus yakni Thomas dari Celano dengan tiga karyanya:

  • Riwayat Hidup Santo Fransiskus (1 Celano);
  • Memoriale (2 Celano);
  • Mukjizat-mukjizat Fransiskus (3 Celano).

dan Bonaventura dari Bagnoreggio: Legenda Mayor dan Minor.

Para peserta mengikuti bahan yang disampaikan pemateri di Aula Santo Fransiskus Antonius Fasani di Skolastikat OFMConv, Sinaksak., Pematangsiantar. (Ist)

Kursus ini diprakarsai oleh Komisi Awal Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan para Guardian (pemimpin biara) tempat para frater Post-Novisiat berkomunitas.

Selain pertemuan lewat materi yang dibawakan oleh Fr. Fictorium Natanael Ginting OFMConv, para peserta juga mengikuti kegiatan doa, kerja, sharing dan rekreasi bersama.

28 peserta

Peserta yang terdiri dari 28 frater mengikuti kursus dengan atusias. Lewat sesi evaluasi, Fr. Fictor selaku pemberi materi menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif para peserta kursus. Juga dari pihak peserta kursus mengapresiasi kegiatan ini dan bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan mendalami spiritualitas Pendiri Ordo.

Semua berharap agar kegiatan serupa tetap dilanjutkan di masa mendatang dengan tema-tema lain.

Mari kita mulai lagi karena sampai saat ini kita masih sedikit berbuat (Santo Fransiskus Assisi).

Menyimak materi dalam suasana rileks.
Suasana kelas.

2 COMMENTS

  1. Tiga pemuda dari tanur api, mengucapkan banyak limpah terimakasih atas waktu, tenaga dan materi yang telah dibagikan kepada para peserta…semoga apa kami terima menjadi kisah tiga sahabat

  2. Tiga pemuda dari tanur api…mengucapkan limpah terimakasih kepada pater pembawa materi atas waktu, dan tenaga yg telah dicurahkan untuk kami para peserta…semoga kursus ini menjadi kisah tiga sahabat bagi kami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here