Laporan dari Ho Chi Minh City: Kaul Pertama 10 Pemuda Vietnam di Kongregasi Vokasionis (SDV)

0
171 views
Kaul Pertama 10 Pemuda Vietnam di dalam Kongregasi Vokasionis atau Serikat Panggilan Ilahi. (SDV)

KEHADIRAN para imam Vokasionis (SDV) di Vietnam dimulai sejak bulan Mei 2017. Pater Rosario Taliano SDV -seorang imam SDV asal Napoli, Italia, yang kala itu menjadi Pater Delegasi di Indonesia- waktu itu datang mengunjungi Negeri Naga Biru ini.

Tujuan kedatangannya ke Vietnam untuk mencari benih-benih panggilan hidup membiara. Dalam beberapa kali kunjungan berikutnya, Pater Rosario merasa telah menemukan tanda-tanda positif bahwa negeri ini kaya akan panggilan hidup membiara.

Maka, ia segera menyampaikan hal tersebut ke Dewan General di Roma. Berita ini disambut dengan baik. Sehingga tak lama kemudian, Dewan General lalu memutuskan untuk membuka suatu komunitas baru di Vietnam.

Pada pertengahan April 2018, tepatnya pada 18 April 2018, seorang imam Vokasionis asal Kabupaten Malaka, Timor, NTT -Pater Fabianus Hane Seran SDV- diutus ke Vietnam untuk memulai misi baru.

Kehadiran dari Pater Fabio untuk pertama kalinya disambut dengan baik dan penuh sukacita oleh lima orang calon yang sudah bergabung sejak kedatangan Pater Rosario.

Dengan kehadiran dari Pater Fabio, maka Kongregasi ini secara resmi dibuka di negera yang saat ini memiliki 27 Keuskupan.

Dan sejak dibukanya Rumah Pembinaan Calon Imam di Vietnam, dari tahun ke tahun selalu ada calon baru yang bergabung bersama di dalam Kongregasi Vokasionis.

Ke-10 pemuda Vietnam di Ho Chi Minh City yang baru saja mengucapkan kaul pertama mereka di dalam Kongregasi Vokasionis (SDV). Dalam foto ini, mereka bersama para pembesar SDV dari Roma dan superior lokal Ho Chi Minh City. (SDV)

Perayaan Ekaristi pengikraran Kaul Pertama

Setelah melewati beberapa tahapan formasi, kini tibalah waktunya bagi 10 orang calon mengikrarkan Kaul Pertama mereka dalam Serikat Panggilan Ilahi. Kesepuluh pemuda tersebut adalah:

  • Antôn Nguyễn Tri Công.
  • Gioan Thánh Giá Nguyễn Trùng Dùòng.
  • Giuse Lê Trần Thánh Lầp.
  • Giuse Huỳnh Tấn Lộc.
  • Phêrô  Nguyễn Hà Nhật Quang.
  • Giuse Trần văn Quan.
  • Phêrô Lê Tùy Lê Triều Nguyễn.
  • Luy Nguyễn Trung Tín.
  • Giuse Nguyễn Văn Túóng.
  • Giuse Trần Văn Trúóng.

Perayaan Ekaristi Pengikraran Kaul Pertama ini dilaksanakan hari Sabtu, 19 Agustus 2023, bertempat di Gereja Paroki Phú Hạnh Ho Chi Minh City.

Perayaan Ekaristi dimulai tepat pukul 09.00 pagi; dipimpin langsung oleh Pastor Giuse Maria Lê Quốc Thăng yang juga menjabat pastor paroki setempat; didampingi oleh puluhan imam konselebran serta dihadiri oleh para biarawan-biarawati serta ratusan umat Allah.

Hadir pada kesempatan ini:

  • General Vokasionis: Pater Antonio Rafael Do Nascimento SDV.
  • Dewan Generalat untuk Formasi: Pater Salvatore Musella SDV.
  • Superior Lokal Biara Vokasionis Vietnam: Pastor Kasianus Nana Seran SDV.
  • Magister Novis: Pastor Fabio Hane Seran SDV.

Pater Fabio dalam homilnya mengajak kesepuluh saudara yang mengikrarkan kaul pertama untuk selalu setia dalam menghayati kaul-kaul kebiaraan, sebab Allah yang memanggil dan memilih mereka adalah Allah yang Setia.

Selain itu, ia juga mengingatkan para yubilaris bahwa pilihan hidup untuk menjadi biarawan bukanlah suatu pilihan mudah.

Dalam perjalanan selanjutnya, ada banyak tantangan dan masalah yang dihadapi. Tetapi, dalam menghadapi pelbagai masalah tersebut, ingatlah selalu apa yang disampaikan oleh Santo Paulus kepada Jemaat di Filipi: “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Flp. 4:13).

Dan pada tempat yang sama Pemimpin Umum Kongregasi Vokasionis, dalam sambutan singkanya menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah Tritunggal atas rahmat dan benih-benih panggilan yang terus bertumbuh di dalam Serikat Panggilan Ilahi.

10 pemuda Vietnam mengucapkan kaul pertama mereka di Ho Chi Minh City, Sabtu 19 Agustus 2023. Dalam foto, tampak ke-10 pemuda anggota Kongregasi Vokasionis atau Serikat Panggilan Ilahi bersama para imam. (SDV)

Padre Antonio juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orangtua dan keluarga dari para yubilaris yang telah merestui dan mendukung pilihan hidup dari putera-putera mereka menjadi seorang religius SDV.

Selain itu, dirinya mengaku sangat bahagia bisa berada di tempat ini (baca: Vietnam).

“Satu-satunya yang membuat saya bahagia pada kesempatan ini adalah menyaksikan anda bersepuluh datang ke hadapan Tuhan dengan hati yang bebas, sadar dan penuh tanggungjawab untuk menjawab ‘Ya’  atas panggilannya dan serta berjanji untuk menjadi abdi-Nya dengan hati yang miskin, taat dan murni,” demikian kata imam SDV asal Brasil ini.

Perayaan Ekaristi berlangsung begitu meriah. Koor yang dibawahkan oleh umat dari Paroki Phú Hạnh menyanyikan lagu-lagu dengan penuh semangat. Setelah perayaan ekaristi selesai dilanjutkan dengan acara santap siang bersama.

Pastor Kasianus Nana Seran SDV selaku Superior Lokal Biara Vokasionis Vietnam mengucapkan terimakasih kepada para imam, biarawan-biarawati dan segenap umat Allah yang telah hadir dalam perayaan hari ini.

Terimakasih yang sama dialamatkan kepada semua pihak yang telah mendukung perayaan dan seluruh rangkaian acara pada hari ini.

“Semuanya berlangsung dengan baik berkat bantuan dan dukungan dari banyak pihak, karena kami mengucapakan syukur atas semuanya itu. Kiranya Tuhan memberkati kalian semua,” demikian kata Pater Kasin. 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here