Masa Adven: Mulailah Pertobatan dari Diri Sendiri

0
144 views
Ilustrasi Masa Avent (ist)

SERUAN Yohanes Pembaptis ini sangat penting untuk direnungkan dalam hidup kita. Karena hal ini merupakan ajakan Allah sendiri. Agar hati kita tergugah, menyadari bahwa pertobatan sangat penting. Untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah.

Khususnya di masa penantian Adven ini. Hendaknya kita selalu siaga penuh waspada, siap sedia selalu agar pada saat Tuhan datang kita sudah ada di tempat.

Yesus sendiri mengajak kita untuk memahami tanda-tanda yang Dia telah siapkan sendiridalam hidup kita.

Tanda itu adalah bentuk kehadiran-Nya, bentuk bantuan-Nya agar dalam perjalanan hidup kita menuju pertobatan hendaknya perjalanan itu benar-benar menuju ke jalan benar.

Yohanes Pembaptis menyerukan pertobatan: “Siapkanlah jalan bagi Tuhan.

Dalam hal ini, kita diajak mempersiapkan hati kita untuk menerima Yesus yang datang.

Pertobatan adalah berbalik ke jalan yang benar dan meninggalkan cara hidup kita yang lama yang tidak selaras dengan sabda Tuhan.

Dari diri sendiri

Pertobatan itu seharusnya mulai dari diri-sendiri. Harus ada niat kuat dan berani melawan godaan-godaan yang datang yang menghalangi perjalan kita menuju pertobatan.

Terkadang pikiran mata dan hati kita tertutup oleh indahnya rayuan kehidupan duniawi, hati kita dikuasai oleh kegoisan. Matahati kita tertutup sehingga kita tersesat dan menyimpang dari jalan yang sudah ditentukan oleh Allah, sehingga mempersulit proses pertobatan dalam diri kita.

Serahkan semuanya pada kehendak Allah. Karena Dia selalu ada dan siap untuk membantu kita tergantung dari kita sendiri apa kita bersedia menjawab ajakannya Allah itu?

Bukan hanya dengan berdoa, tetapi juga lewat perbuatan baik. Membantu orang lain mulai dari keluarga, orangtua dan masyarakat sekitar yang membutuhkan, peka dengan orang-orang di sekitar kita.

Tentu saja bukan hanya dengan kata-kata. Tetapi berani mempraktikkan itu semua lewat kehidupan nyata. Karena inilah pertobatan dan perubahan sejati.

Semoga di Masa Adven ini, matahati kita selalu terbuka dan mampu membaca tanda-tanda yang Allah sendiri berikan.

Juga mampu membawa pertobatan dan menghasilkan buah-buah yang berguna bagi sesama.

Juga hidup kita selalu berpedoman pada sabda Tuhan, iman kita akan Yesus Kristus semakin kokoh dan kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here