Memaafkan Musuh?

0
35 views
Memaafkan

Bacaan 1: 1Raj 21:17-29

Injil: Mat 5:43-48

Beberapa tahun lalu viral seorang mahasiswi menjadi korban kriminal (penusukan) di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, ia ditusuk sekitar 17 kali oleh pelaku namun selamat. Respon mengejutkan saat gadis itu sembuh dan selamat dari pembunuhan: memaafkan!

“It’s OK, aku sudah memaafkan kamu kok. Semoga kamu bisa menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.”

Demikian pesannya kepada pelaku melalui “chat medsos”.

Tuhan menolong mahasiswi ini menyadarkan dirinya betapa ia berharga, lewat orang-orang yang datang menolong dan teman-teman yang datang menjenguknya. Ia mengampuni pelaku karena Tuhan pun telah menolong dan mengampuninya. Menerima keadaan dengan hati lapang dada sebagai kunci pemulihan jiwanya.

“Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

…Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga adalah sempurna.”

Demikian sabda-Nya.

Allah Maha Kasih dan Pengampun juga ditunjukkan oleh penulis Kitab 1Raja-Raja. Meski Ia selalu dijahati dan diselingkuhi manusia namun Ia tetap mau mengampuni. Dari Kitab Suci Perjanjian Lama, kita mengetahui bahwa Raja Ahab merupakan Raja yang sangat jahat. Kisah kejahatannya dilengkapi lagi oleh pengaruh jahat istrinya, Izebel.

Sesungguhnya tidak pernah ada orang seperti Ahab yang memperbudak diri dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, karena ia telah dibujuk oleh Izebel, isterinya.

Bahkan ia telah berlaku sangat keji dengan mengikuti berhala-berhala,…

Demikian penulis kitab 1Raja-Raja menggambarkan kejahatan Raja Ahab. Namun ketika Raja Ahab diingatkan oleh Allah memalui Nabi Elia, ia mau bertobat. Allah mau menerima pertobatannya meski ia dan keluarganya tetap harus menjalani hukuman akibat kesalahannya itu.

“Oleh karena ia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya; barulah dalam zaman anaknya Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya.”

Pesan hari ini

Sanggupkah aku mengasihi, mengampuni, berbuat baik, memintakan berkat dan berdoa bagi musuhku ketika sedang dalam posisi sebagai korban?

“Pengampunan adalah keharuman yang diberikan bunga saat dihancurkan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here