Membangun Empati dan Solidaritas untuk Kaum Difabel

0
119 views
Membangun Empati dan Solidaritas untuk Kaum Difabel

DI tengah kecemasan hidup, kita membutuhkan seorang sahabat yang bisa berjalan bersama, mendengarkan keluh kesah dan membantu mencari solusi di tengah persoalan hidup kita. Yesus sendiri adalah sahabat bagi para murid-Nya. 

Yesus seorang sahabat yang senantiasa hadir.

Dalam kisah dua murid yang berjalan ke Emaus setelah kematian Sang Guru, Yesus menempatkan diri sebagai sahabat seperjalanan yang justru tidak disadari oleh kedua murid itu. Mereka berjalan terus tanpa mengenal Yesus, namun Yesus mengenal dan tahu persoalan yang sedang mereka hadapi. Dan Yesus memberikan pencerahan kepada mereka.

Yesus sebelumnya pernah mengajarkan kepada para rasul arti seorang sahabat sejati, yaitu dia yang rela mengorbankan diri demi sahabat-sahabatnya. “Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya” (Yoh 15: 13). 

Sahabat adalah teman sehati, seperasaan dan sepenanggungan – saat senang maupun susah. Seperti kata Santo Paulus: “Bersukacitalah dengan orang yang bersuka cita, dan menangislah dengan orang yang menangis!” (Rm.12:15)

Persahabatan ada dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang sulit mendapat ataupun menjadi sahabat bila ia memutus relasi dengan orang lain; bila ia lebih sibuk dengan dirinya sendiri.

Jangkauan persahabatan bagi umat Katolik tentunya inklusif – tidak terbatas latar belakang budayanya, juga tidak membatasi kondisi kesehatan fisik dan mental tertentu. Termasuk juga sahabat difabilitas.

Webinar “Kita Teman Seperjalanan”

Gereja sangat menaruh kepedulian terhadap kelompok difabilitas atau Umat Berkebutuhan Khusus (UBK). Mereka adalah yang “menderita” autis, down syndrome, atau fungsi-fungsi dasar panca indera mereka tidak sempurna: buta, bisu, tuli, lumpuh, dan seterusnya.

Dalam rangka sinode Gereja Katolik yang sedang berlangsung, kita diundang untuk bergabung.

Temanya menarik “Kita Teman Seperjalanan” dengan kehadiran para narasumber yang akan memperkaya kita semua.

Acara akan dilaksanakan secara hybrid pada:

  • Hari/Tgl: Sabtu, 19 Maret 2022
  • Waktu: Pkl. 16.00-18.00 WIB

Untuk mendaftar, silahkan klik https://bit.ly/HybridWebinar_UBK

Untuk mengakses pertemuannya, silahkan klik zoom:
https://us02web.zoom.us/j/8275827575?pwd=dENZUUhEeFVQQ3RmYk9hNlYrTUNMdz09

Meeting ID: 8275 8275 75
Passcode: UBK

Atau bisa juga klik YouTube:
https://bit.ly/Kita_Teman_Seperjalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here