Membasuh Seperti Yesus

0
96 views
Ilustrasi - Yesus membasuh kaki murid. (Ist)


SASTRAWAN Ralph Waldo Emerson menulis, “Satu ons tindakan bernilai satu ton teori.” Artinya, praktik itu jauh lebih penting dari pada teori.

Memang, pengetahuan itu tidak mengubah apa-apa. Yang mengubah adalah praktik. Selama belum dipraktikkan, teori belum terasa manfaatnya.

Tuhan Yesus pun bersabda, “Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya.” (Yoh 13: 17) Dia menegaskan bahwa para murid-Nya mesti melaksanakan pesan-Nya. Apa itu?

Inilah pesan-Nya, “Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya.” (Yoh 13: 16)

Untuk dapat melaksanakan pesan itu, orang perlu lebih dahulu memahami apa yang dimaksudkan-Nya. Intinya, bahwa dalam rangka mewujudkan kasih-Nya, Tuhan Yesus telah mengurbankan Diri-Nya.

Hal itu secara simbolis dilakukan dengan membasuh kaki para murid-Nya (lihat Yoh 13: 1-15). Secara nyata, itu dilakukan dalam membasuh manusia dari dosa dengan darah-Nya.

Kita mengetahui hal itu. Namun, itu tidak mengubah apa-apa.

Pengetahuan itu akan memperbaiki hidup ini, bila kita mau mengasihi dan melayani. Artinya, membasuh seperti Tuhan Yesus.

Kamis, 12 Mei 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here