Home BERITA Mempersiapkan Kehadiran Tuhan

Mempersiapkan Kehadiran Tuhan

0
Ilustrasi: erjalan bersama Tuhan by Michael Davis in Genesis

Bacaan 1: Yes 49:1 – 6
Bacaan 2: Kis 13:22 – 26
Injil: Luk 1:57-66. 80

Suster Agnes, anggota kerbat keluarga besar Djarum, bersekolah SMA di Perth, Australia, dan S2 Amerika Serikat. Hal itu membuat sang ibu nangis saat putuskan jadi biarawati dan memilih jadi orang miskin.

Maria Donna memilih kaul miskin dan selibat sebagai biarawati Katolik dan memilih nama menjadi Suster Lucy Agnes.

Ia mengabdikan diri untuk orang sakit dan miskin. Ia mengikuti biara ordo Misionaris Charitas atau Cinta Kasih yang dididirikan Bunda Teresa dari Kalkuta, India. Ia telah dipilih Tuhan dan mau mendengarkan panggilannya melayani Tuhan serta meninggalkan keduniawiannya.

Nabi Yesaya menubuatkan bangsa Israel yang telah dipilih menjadi umat-Nya untuk melayani Tuhan sejak sebelum bangsa itu ada. Bangsa Israel dinubuatkan menjadi terang bagi bangsa-bangsa lain agar mengenal Tuhan untuk diselamatkan maka injil harus diwartakan terlebih dahulu kepada bangsa Israel sebelum diwartakan kepada bangsa-bangsa lain.

Rumus ini yang dipakai oleh Rasul Paulus ketika bermisi ke Asia dan Eropa. Ia selalu mewartakan terlebih dulu kepada orang-orang Yahudi di Sinagoga sebelum kepada bangsa-bangsa non Yahudi.

Maka agar umat-Nya layak untuk menyambut kedatangan Sang Juru Selamat menebus dosa dunia, Allah telah memilih Yohanes Pembaptis untuk mempersiapkan kedatangan Putera-Nya, yaitu Yesus Kristus.

Untuk bisa hidup bersama Tuhan maka umat harus kudus, sebab Tuhan tidak tinggal bersama orang berdosa. Maka tugas utama Yohanes Pembaptis adalah menyerukan agar umat mau bertobat dan berbalik kepada Allah.

Allah bersimpati kepada Elizabeth dan Zakharias yang sangat ingin punya keturunan, maka Ia menunjukkan kemuliaan-Nya dengan memberikan anak kepada mereka meski Elizabeth sudah sangat tua untuk melahirkan.

Kelak anaknya harus diberi nama Yohanes yang berarti “Allah yang Berbelas Kasih”. Nama itu diberikan oleh Malaikat Gabriel seolah ingin menunjukkan betapa Allah sungguh mengasihi umat-Nya yang telah berdosa agar mau kembali kepada-Nya.

Yohanes mewarisi roh dan kuasa kenabian Elia yang juga punya tugas menyampaikan kepada bangsa Israel menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat, yaitu kedatangan Mesias.

Pesan hari ini:
Suster Agnes, Nabi Elia dan Yohanes Pembaptis telah dipilih Tuhan untuk melayani-Nya, mempersiapkan umat agar bertobat meninggalkan keduniawiannya dan layak menyambut Tuhan. Semoga saya pun dipilih Allah untuk mau mendengarkan dan melayani-Nya.

Covid-19 masih liar berkeliaran kesana-kemari mancari mangsa, semoga kita diberi kekuatan untuk melawannya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version