Mempersiapkan Nge-date dengan Gebetan

0
148 views
Nge-date dengan pacar

Bacaan 1: Yes 40:1-5. 9-11

Bacaan 2: 2Ptr 3:8-14

Injil: Mrk 1:1-8

Dalam bahasa gaul masa kini, arti gebetan adalah orang yang disukai, ditaksir, serta menjadi target cinta seseorang. Dengan kata lain gebetan merujuk kepada seseorang yang diinginkan sebagai pacar atau kekasih.

Setiap orang pasti pernah jatuh cinta, jadi…ingatkah pengalaman pertamamu nge-date dengan si dia? Saat tumbuh rasa suka dan cinta pertama, pasti berharap akhir yang bahagia dengan menjadi pasangannya.

Di saat awal cinta tumbuh, mungkin ada rasa kebingungan dan kesulitan karena belum mengenal dan mengetahui dengan baik siapakah dirinya. Jadi, dengan nge-date-lah kamu akan saling mengenal dan menjadikannya momen yang tentu sangat romantis.

Nge-date dengan gebetan tentu perlu persiapan, apalagi nge-date dengan Tuhan Yesus maka perlu persiapan yang lebih matang.

Allah mengutus Yohanes pembaptis untuk mempersiapkan umat-Nya bertemu dengan Anak-Nya, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Persiapan yang dimaksud adalah pertobatan dan dikuduskan kembali dalam pembaptisan.

“Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya,

Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

Hal ini selaras dengan nasihat Santo Petrus kepada jemaat di Asia dalam menantikan Hari Tuhan (Parousia), sebab hari itu akan datang seperti pencuri. Setiap orang harus menjaga kekudusan sebagai persiapan menghadapi datangnya Hari Tuhan itu.

“Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.”

Dalam nubuat keselamatan umat Yehuda di pembuangan, Nabi Yesaya juga menyerukan persiapan hati dan pertobatan. Sebab umat Yehuda akan menerima pengampunan,

“Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

Lihat, itu Allahmu!

Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.”

Pesan hari ini

Ketemu dengan gebetan saja perlu persiapan apalagi mau ketemu Tuhan.

Persiapkan hati dengan pertobatan dan hidup kudus agar layak di hadapan-Nya nanti.

“Kasih Tuhan itu seperti lautan. Kamu dapat melihat awalnya, tetapi tidak akhirnya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here