Menengok Kembali Forum Disclub Pertama Gaudium et Spes Community (GSC)

0
2,213 views

FORUM Masyarakat katolik Indonesia (FMKI) Keuskupan Agung Jakarta dan Gaudium et Spes Community (GSC) kembali menggelar diskusi kecil usai forum Discussion Club (Disclub) yang diselenggarakan dua pekan sebelumnya. Bertempat di Jakarta, diskusi yang diselenggarakan Sabtu (31/3) lalu itu dihadiri oleh perwakilan komunitas-komunitas katolik. Sebagian datang mewakili kelompok kategorial, sebagian lainnya datang atas nama pribadi. .

Diskusi dibuka dengan pengantar oleh Paul Soetopo, Ketua/CEO GSC. Antara lain disampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi atas antuasiame para peserta Disclub yang berpartisipasi dalam forum diskusi memperbincangkan peta politik menjelang Pilkada DKI. Juga disampaikan rencana-rencana ke depan.

Krisis serius

Pada kesempatan membuka forum Disclub pertama itu, Paul Soetopo juga  kembali mengingatkan terjadinya fenomena krisis serius yang dialami oleh negara dan Gereja. Krisis negara antara lain kemerosotan moral dan kemiskinan, sedangkan krisis Gereja diantaranya adalah rendahnya mutu ajaran dan  pendidikan katolik yang semakin memprihatinkan. Belum lagi masa depan kaum muda katolik yang suram.

Ke depan GSC dan FMKI-KAJ akan terus mengajak forum untuk berdiskusi dan bertindak mengenai masalah-masalah tersebut. Hingga Juli 2012 mendatang, Disclub akan lebih memfokuskan diri pada pendidikan politik umat katolik di Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pra pilkada DKI Jakarta

Narasumber

Pembicara dalam pertemuan ini adalah Toto Suryaningtyas dari Litbang Kompas. Ia menyampaikan update terkini mengenai kondisi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan bertarung dalam Pilkda tanggal 11 Juli mendatang. Selain menyampaikan karakteristik empat pasangan Gubernur-Wakil Gubernur dari partai politik dan dua pasangan dari independen, narasumber ini  juga menjelaskan juga survei Litbang Kompas usai penetapan bakal calon gubernur dan gubernur yang akan bertarung.

Diskusi berjalan seru. Setiap orang dalam forum tersebut memperoleh hak suara untuk menyampaikan tanggapan dan komentarnya mengenai tema yang didiskusikan. Setelah diskusi yang menyepakati perlunya pembelajaran politik oleh tim Disclub ke paroki-paroki, Direktur Progam GSC Toto Subagyo memaparkan rencana kegiatan GSC yang akan dilaksanakan hingga Pilkada DKI Jakarta.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan FMKI, GSC dan anggota Disclub antara lain diskusi dua mingguan dengan tema Ajaran Sosial Gereja (ASG); seluk-beluk politik, leadership, dan communal discernement. Selain diskusi, tim akan mengatur pertemuan dengan Uskup dan Vikjen KAJ, pertemuan dengan perwakilan umat di dekenat/dapil, hingga mempertemukan umat dengan bakal calon gubernur-wakil gubernur DKI.

Photo credit: Royani Lim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here