Menguasai Teknik Public Speaking Itu Maha Penting bagi Suster Biarawati

0
129 views
Ilustrasi - Public Relation (Ist)

INI para Suster Novis OSF Tahun Kedua di Postulat-Novisiat OSF di Banyumanik, Semarang, baru saja mengikuti program pelatihan untuk mengetahui dan menguasai keterampilan teknik public relation.

di tengah suasana keprihatinan global. Karena pandemi covid-19 yang masih merajalela.

Namun, kondisi itu juga tidak sampai harus menghalangi para novis untuk mengikuti pelatihan yang menunjang.

Pimpinan para suster OSF Semarang memberi kesempatan yang penuh rahmat kepada para Suster Novis OSF Tahun kedua untuk mengikuti Pelatihan Public Relation.

Adapun keempat suster Novis itu adalah Sr. M. Francesca OSF, Sr. M. Yosefa OSF, Sr. M. Yohannecia OSF, dan Sr. M. Gratchiella OSF.

Pelatihan diadakan pada tanggal 8-11 Desember 2020 dari pukul 08.00-17.00 WIB di Ruang Study Biara Magdalena Daemen BSB. Terjadi secara daring melalui aplikasi Zoom.

Public Relations memiliki materi-materi yang sangat, bagus dan berguna untuk zaman ini yang disampaikan oleh P3M (Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat) ASMI Yogyakarta.

Pelatihan meliputi materi:  

  • Relations dan Citra Organisasi, public dalam organisasi dan CSR;
  • Branding dan Management Krisis;
  • Penulisan materi public relations, media relations diampu oleh Bapak Rendro Laksmono;
  • Penulisan karangan khas (feature);
  • Mengelola Event, MC.
  • Keprotokolan.

Menurut Sr. Francesca OSF, pelatihan berlangsung dengan lancar dan para suster mengikutinya dengan antusias, serius, serta aktif.

Pelatihan ini menjadi sangat berkualitas dengan hadirnya para dosen yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing, dan mengajar dengan serius dan luwes.

Harapan dan kesan

Inilah kesan dan segeap harapan dari pelatihan public relation dari para peserta.

“Meningkatkan kapasitas diri, membangun citra organisasi atau tarekat dalam kesadaran public dengan kemampuan melakukan riset dan membangun komunikasi yang positif bagi public.” (Sr. M. Yosefa OSF, Novis Tahun Kedua)

“Membuka wawasan dan membekali cara berpikir dan bersikap dalam dunia sekitar di tengah kemajuan teknologi serta melatih dan mengasah ketajaman pikiran maupun hati untuk dapat menjalin relasi yang baik dengan masyarakat sekitar dan mampu menjadi penerus yang berkualitas bagi gereja khususnya bagi kongregasi OSF.” (Sr. Yohannecia OSF)

“Semoga kami semoga kami para Suster Novis Tahun Kedua dapat belajar mengembangkan dan mempraktikkan buah dari pelatihan dalam setiap tugas perutusan kami, dengan senantiasa berusaha mengimplementasikannya demi kemajuan kongregas di zaman ini, dan yang akan datang.” (Sr. M. Gratchiella OSF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here