Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM, Teladan Uskup Sederhana

2
288 views
Uskup Emeritus Keuskupan Bogor Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM.

MGR. Cosmas Michael Angkur OFM adalah Uskup Emeritus Keuskupan Bogor. Beliau punya gaya khas hidup sederhana dan rendah hati.

Beliau lahir pada 4 Januari 1937 di Lewur, Manggarai, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur dan saat ini usianya sudah 83 tahun.

Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM adalah anak ke lima dari delapan bersaudara. Ayahnya bernama Joseph Djadu dan ibunya bernama Odilia Mamus.

Sewaktu kecil ia kerap kali dipanggil Michael oleh keluarganya.

Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM dan keluarga hidup dengan segala kesederhanaan dan tinggal di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Sampai pada tahun 1989-1993, Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM masih menjadi pastor paroki di Gereja Santo Paskalis, Cempaka Putih, Keuskupan Agung Jakarta.

Setelah itu, 23 Oktober 1994, Mgr.Cosmas Michael Angkur OFM ditahbiskan menjadi uskup Keuskupan Bogor oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Mgr. Leo Soekoto SJ.

Masa jabatan Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM sebagai uskup berakhir 21 November 2013.

Menjadi pemimpin

Hidup dikelilingi lingkungan yang sangat sederhana membuat seorang Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM tetap terus membuat karya.

Sejak kecil kelemahan beliau dalam bidang akademik, namun beliau memiliki kelebihan dalam bidang non akademik, sudah banyak piala yang diraih Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM sewaktu kecil dengan memenangkan perlombaan sepak bola.

Panggilan hidup menjadi seorang gembala umat telah dicapai oleh Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM yang menghasilkan berbagai karya dan jabatan.

Berkarya di Papua

Tahun 1969 Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM berangkat ke Papua, beliau diutus menjadi pastor paroki Setani dan sekaligus beliau menjabat sebagai direktur asrama siswa siswi SMP Misi di Setani.

Setengah tahun kemudian, Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM dipindahkan di paroki Kota Wamena untuk membangun organisasi persaudaraan Fransiskan Indonesia.

Dari Paroki Wamena, Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM melahirkan sebuah paroki baru pada bulan November 1969 di desa Hepuba di pintu selatan Lembah Baliem.

Karya-karya beliau dalam kepemimpinan semakin banyak, dimulai dari merangkap jabatan sampai melahirkan paroki baru di tanah Papua.

Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM banyak memimpin di berbagai organisasi di antaranya menjadi:

  • Provinsial Ordo OFM tahun 1983-1989.
  • Ketua MASI (Majelis Antar Serikat Imam).
  • Ketua MASRI (Majelis Antar Serikat Religius Indonesia).

Melihat keadaan Timor Timur yang pada waktu itu sangat kacau, Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM merasa sangat prihatin dan ia memiliki misi untuk menjadi pembawa damai. Maka, pada tahun 1988, beliau membuat Komunitas OFM di Same. Kemudian beliau juga membuat Komunitas Dotik dan Alas yang berkembang ke daerah Welaluha.

Bukan hanya dalam bidang religi, dalam bidang kemasyarakatan Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM juga aktif. Beliau pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Provinsi Irian Jaya. Setelah itu, Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM diangkat menjadi Ketua DPRD II Kabupaten Jayawijaya sekaligus menjadi Pembina partai Golkar tahun 1971-1977.

Penuh tanggungjawab

Menjalani kehidupan dengan lingkungan yang sederhana adalah kebiasaan dari seorang gembala umat yaitu Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM, beliau menjalani panggilan hidup dengan penuh tanggung jawab. Prinsip pemikiran Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM sangat patut untuk ditiru.

Beliau memiliki pemikiran tentang menjalani kehidupan yang sederhana dengan dilengkapi sifat rendah hati. Ciri khas dari seorang Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM adalah menjalani segala hal dengan tanggungjawab dan rendah hati.

Karena hal yang dijalani adalah sebuah misi dari Tuhan.  

Menurut pemikiran Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM menjalani kehidupan juga harus dilengkapi sikap akan saling menghargai dan melihat sekeliling lingkungan, dengan seperti itu kehidupan menjadi damai dan tertib.

Menurut beliau, menjadi seorang pemimpin wajib memiliki sifat rendah hati kepada sesama.

Dengan melihat perjalanan hidup dan merenungkan pemikiran seorang gembala umat Katolik Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM sangat bagus untuk menjadi teladan bagi kehidupan kita di masa sekarang, dimana kita hidup di zaman banyak tantangan yang harus kita lewati.

Memiliki pemikiran seperti Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM sangat diperlukan. Yaitu, kita harus menjadi pribadi yang hidup sederhana dan memiliki sifat rendah hati.

Bahkan bukan hanya itu yang kita perlukan juga memiliki pemikiran yang tanggungjawab dan menjalakan segala kegiatan sesuai firman Tuhan.

Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM juga mengajarkan kita sebagai generasi muda bukan hanya berperan aktif dalam bidang religi.

Namun juga harus berperan aktif dalam bidang kemasyarakatan di mana kita harus melihat keadaan sekeliling, lingkungan kita membutuhkan seorang pemimpin yang sederhana, rendah hati dan tanggungjawab sesuai dengan firman Tuhan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here