Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, Vikjen Keuskupan, dan Pastor Lainnya Positif Kena Covid-19

0
1,039 views
Uskup Keuskupan Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap (Dok. KWI)

INI kabar prihatin. Setelah dua hari tidak ada kejelasan apa persinya yang terjadi, hari Minggu tanggal 19 Juli 2020 ini pihak Keuskupan Agung Medan (KAM) dengan berani “buka mulut”.

Memberitahu secara resmi kepada publik tentang apa yang hari-hari ini menimpa Uskup Keuskupan Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung dan sejumlah pastor lain, suster, dan karyawan keuskupan.

Dalam sebuah siaran video secara live streaming yang disiarkan secara langsung oleh Komisi Komsos KAM dan Radio Maria berbasis di Medan, Pastor Benyamin AC Purba OFM menjelaskan beberapa hal berikut ini.

  1. Bapak Uskup Keuskupan Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung –setelah menjalani serangkaian tes—dinyatakan positif kena covid-19. “Kondisi beliau saat hari ini (Minggu, 18 Juli 2020) dalam keadaan stabil. Bisa mandi sendiri dan menikmati makan-minum biasa,” ungkap Romo Purba OFMCap, Juru Bicara KAM sekaligus Koordinator Kuria KAM.
  2. Demikian pula yang terjadi dengan Vikjen KAM: Pastor Michael Manurung OFMCap. “Beliau juga positif terkena covid-19,” katanya.
  3. Dua pastor lainnya yang terkena covid-19 dan kini sudah masuk rumah sakit adalah Pastor Borta Rumapea OFMCap dan Pastor Jordy Turnip OFMCap.
  4. Sejumlah pastor lain, suster, dan karyawan Keuskupan hingga berita ini dirilis belum menunjukkan gejala positif kena covid-19. Namun, mereka sudah menjalani protokol kesehatan dengan melakukan isolasi mandiri. Mereka adalah Pastor Petrus Simarmata OFMCap, Pastor Fernandus Saragih OFMCap, Sr. Immanuella, dan Sdri. Christiana.

15 orang

Pada kesempatan melakukan press release melalui sistem tayangan live streaming ini, Pastor Benyamin AC Purba OFMCap juga menjelaskan jumlah karyawan Keuskupan Agung Medan.  Ada 15 orang di Kantor Keuskupan Agung Medan sekaligus menjadi penghuninya.

“Tiga orang bekerja di dapur; lima orang mengurusi bagian keuangan; lima orang di bagian secretariat, satu orang tukang kebun, dan dua orang satpam,” jelas Pastor Purba.

Protokol kesehatan

Pastor Purba juga mengimbau agar semua orang yang barangkali pernah bertemu dengan para pasien covid-19 ini segera melakukan langkah-langkah  yang perlu agar mereka tidak menjadi “carrier” virus corona tanpa mereka sadari sendiri.

Pertemuan dengan Uskup bisa saja terjadi sejak awal Juli 2020 di sejumlah kota di wilayah reksa pastoral Keuskupan Agung Medan yakni di Brastagi, Siantar, dan kota lainnya.

Setelah mengumumkan kondisi yang sebenarnya atas para anggota Kuria KAM ini, Pastor Purba OFMCap mengajak semua Umat Katolik untuk mendoakan Mgr. Sipayung OFMCap dan para imam dan lainnya yang kini tengah dirawat untuk memerangi penyakit corona ini.

Sumber: Komisi Komsos KAM, Radio Maria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here