Natal 2016: Banser dan GP Ansor Siap Jaga Gereja di Palembang bersama TNI dan Polri

0
571 views
Acara audiensi silahturami Pemuda NKRI Palembang kepada Bapak Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso SCJ.

PERAYAAN Sukacita Natal Umat Kristiani tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan telah dilakukan khususnya mendekor dan persiapan keamanan di masing-masing Gereja. Pemuda NKRI yang terdiri dari 25 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menyatakan siap untuk ikut serta bersama TNI dan POLRI menjaga keamanan di masing-masing Gereja.

Adapun ke-25 OKP di Palembang adalah Pemuda Katolik Komda Sumsel, PMKRI, GP Ansor, Pemuda Muhamamdiyah, Pemuda Hindu (Pradah), Pemuda Patria (Budha) , Pemuda Ipti, PKC PMN Sumsel, Banser, IPPNU, IMM, PMKRI, GMKI, KMBP, Bumi, KMNDI, PC PMU Palembang, MPII, Sekber PMUBI, Bela Negara, HPP Muratara, Himapuri,  Imam Sumsel dan beberapa pemuda lain.

“Kami mewakili Pemuda NKRI mengucapkan terimakasih karena telah disambut baik oleh Bapa Uskup Mgr. Aloysius Sudarso SCJ  di kediamannya.  Kedatangan kami untuk bersilahturami dengan pemimpin umat Katolik di Sumbagsel dan kami siap untuk membantu menjaga keamanan Perayaan Natal umat Kristiani dan khususnya Banser dan GP ANSOR siap mengerahkan anggota untuk hal tersebut, “ kata Mubarok dari  GP Ansor ketika membuka audiensi bersama Uskup Agung Palembang, Senin malam (19/2/2016).

Kegiatan audiensi disambut baik oleh Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr.  Aloysius Sudarso SCJ dan hirarki lainnya. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sumatera Selatan (Sumsel) Dr H MC Baryadi serta Fitriana Msi sebagai Kabid I Kesbangpol Sumsel. Dalam audiensi tersebut terlihat keakraban di antara Pemuda NKRI yang terdiri dari berbagai agama,suku dan ras bersama pemimpin umat Katolik di Sumbagsel.

Gereja Katolik menyambut baik

Uskup Keuskupan Agung Palembang Mgr.  Aloysius Sudarso SCJ merasa senang dikunjungi oleh kaum muda yang ingin ambil bagian dalam Perayaan Natal. Ia menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat 37 Keuskupan di mana Keuskupan Agung Palembang termasuk di dalamnya.

“Kalau saya tugasnya mengkoordinir umat di Keuskupan Agung Palembang yang terdiri dari Provinsi Sumbagsel, Bengkulu dan Jambi. Saya dibantu oleh para pastor untuk melayani umat di setiap wilayah, “ kata Mgr. Aloysius Sudarso SCJ.

Ia berharap agar Pemuda NKRI  agar melanjutkan semangat Sumpah Pemuda. Ia juga menjelaskan dengan perbedaan, hidup itu penuh warna dan manusia harus mencintai perbedaan yang Tuhan telah berikan dan ciptakan.

“Dengan perbedaan itu, saya sekali lagi mengucapkan terimakasih Pemuda NKRI untuk turut ambil bagian dalam Perayaan Natal serta yang paling penting semakin mencintai perbedaan dan NKRI ini. Melalui persatuan ini kita semakin mempererat makna Kebhinekaan yang sedang bergema saat ini,” ujarnya.

DR Baryadi SE MM, Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan, mengucapkan terimakasih karena telah disambut baik oleh pemimpin katolik di Sumatera Selatan. Ia mengatakan,  Pemuda NKRI terdiri dari 25 OKP siap menjaga keamanan Gereja bersama TNI dan POLRI.

“Pengamanannya bisa dimulai sejak tanggal 24 Desember hingga hari H nya tanggal 25 Desember. Jangan sampai umat Kristiani tidak nyaman ataupun tidak khusuk dalammenjalankan ibadahnya,” kata Baryadi saat turut serta Audiensi bersama Uskup Agung Palembang.

Forum Pemuda NKRI yang terdiri dari seluruh pemuda di Sumsel  sepakat menjaga Natal dan Tahun Baru Sumsel dalam keadaan aman, nyaman . “Karena ini  sudah merupakan komitmen kami untuk menciptakan suasana yang kondusif di Sumsel terutama untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru yang semakin dekat,” katanya.

Fitriana Msi selaku Kabid I Kesbangpol Sumsel mengatakan, Pemprov Sumsel sangat mendukung dengan kegiatan yang dilakukan Forum Pemuda NKRI terutama mengamankan Natal dan Tahun Baru. Provinsi Sumsel di bawah pimpinan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, katanya, sangat kondusif  dan kondisi kondusif saat ini akan terus dijaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here