Nirwan Dewanto Perankan Mgr Soegijapranata dalam “Soegija”

0
3,620 views

SEMARANG, SESAWI.NET – Budayawan Nirwan Dewanto dipercaya memerankan tokoh Mgr Soegijapranata dalam film “Soegija” garapan sutradara Garin Nugroho.

Garin Nugroho, saat selamatan syuting perdana “Soegija” di Gereja Gedangan, Semarang, Jumat menuturkan, terpilihnya Nirwan didasarkan atas proses seleksi pemain sesuai dengan karakter yang dibutuhkan.

“Tim ’casting’ dalam melakukan seleksi mendasarkan atas kebutuhan kemiripan wajah dengan Mgr Soegijapranata,” katanya seperti dikutip dari Antara.

Dalam proses tersebut, lanjut dia, terdapat lima calon yang memenuhi syarat kemiripan wajah.

Selajutnya, kata dia, dilakukan seleksi lanjutan yang mendasarkan atas kemampuan intelektual, karakter, serta kemampuan akting.

Ia mengungkapkan, proses pembuatan film ini sudah diawalai sejak tiga bulan lalu, yang salah satunya pelaksanaan seleksi pemain.

Menurut dia, film yang akan menelan biaya sekitar Rp12 miliar tersebut akan mulai pengambilan gambar di Gereja Gedangan Semarang, pada 7 November 2011.

Selain Semarang, lanjut dia, film tersebut juga akan melakukan pengambilan gambar di Yogyakarta, Pabrik Gula Gondang Klaten, serta kawasan Ambarawa.

“Rencananya juga akan dilakukan pengambilan gambar di Istana Negara, namun kami masih menunggu perizinan,” katanya.

Tidak ada kendala
Sementara itu, Nirwan Dewanto yang hadir dalam selamatan tersebut, mengaku tidak menghadapi kendala berarti dalam memerankan Mgr Soegijapranata.

“Saya bekerja dengan yang sangat baik. Proses latihan sudah dilakukan selama satu hingga dua bulan,” katanya.

Bahkan, dalam mendalami karakter Mgr Soegijapranata, ia mengaku sempat “menuntut ilmu” di Kominitas Jesuit Girisonta, Kabupaten Semarang.

Film berlatar belakang masa perjuangan kemerdekaan Indonesia ini, lanjut dia, mengisahkan tentang perjuangan uskup pribumi pertama di Indonesia itu saat zaman penjajahan Jepang dan Belanda.

Perjuangan Mgr Soegijapranata memang bukan perjuangan dengan senjata, tetapi lebih banyak dengan diplomasi.

Soegijapranata berperan dalam negosiasi gencatan senjata dengan pimpinan Jepang dan Sekutu saat pertempuran lima hari di Semarang.

Selain Nirwan, sejumlah aktor juga membintangi film berdurasi 1,5 jam itu, seperti Butet Kertarajasa yang akan memerankan Koster Toegimin, Olga Lidya, serta Hengky Solaiman yang akan memerankan salah satu keluarga Tionghoa pada zaman itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here