Nonton Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung (1)

0
190 views
Nonton Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung (1)

BICARA tentang keindahan alam Indonesia tentu tak akan ada habisnya. Gugusan pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke menyajikan panorama alam yang eksotis dan mempesona.

Setiap daerah punya tempat yang menyimpan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata kuliner hingga wisata modern.

Tempat-tempat itu menyimpan cerita dan pesona yang akhirnya menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk datang, menyaksikan, merasakan dan menikmati aneka potensi dari keindahan alam dan keragaman budaya Nusantara yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Lampung, pintu gerbang Pulau Andalas

Salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan kekayaan alam yang indah adalah Provinsi Lampung di Pulau Andalas atau Sumatera.

Provinsi yang menjadi gerbang masuk dari daerah Pulau Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni ini memiliki banyak pilihan lokasi wisata alam yang menarik dan mempesona.

Kenyataan ini menjadikan tempat wisata alam di Lampung layak menjadi salah satu pilihan untuk sejenak melepaskan diri dari kepenatan karena aneka beban pekerjaan dan tugas rutin harian.

Infrastuktur jalan yang semakin baik menjadi sarana pendukung yang mempermudah setiap pelaku wisata untuk mencapai lokasi wisata dengan lebih cepat dan mudah, jarak antara daerah yang satu dengan daerah yang lain juga terasa dekat.

Tempat-tempat tujuan wisata di Provinsi Lampung yang telah lama dikenal oleh masyarakat luas misalnya:

  • Taman Nasional Way Kambas.
  • Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
  • Menara Siger Kalianda.
  • Pantai Pasir Putih.
  • Pulau Pahawang.
  • Pulau Tanjung Putus.
  • Pantai Sari Ringgung.
  • Pantai Klara.
  • Pantai Mutun.
  • Puncak Mas.
  • Danau Biru Pubian.
  • Air Terjun Curug Tujuh.
  • Pantai Tanjung Setia Krui.
  • Teluk Kiluan.

Setiap tempat menyajikan nuansa pengalaman yang berbeda-beda.

Jika ingin mengalami pengalaman yang khas dari sekian banyak tempat wisata alam di Provinsi Lampung, maka pilihan itu jatuh pada Teluk Kiluan.

Saatnya menyaksikan lumba-lumba di perairan Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung. (Romo Jatra Kelana Pr)

Teluk Kiluan, wisata bahari di Pesisir Tanggamus

Teluk Kiluan merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Tanggamus, Lampung yang menyimpan banyak kekayaan potensi wisata bahari. Salah satu kekhasan objek wisata ini adalah menyaksikan lumba-lumba.

Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Tempat ini dapat ditempuh selama 3-4 jam perjalanan dari Bandar Lampung, Ibu Kota Provinsi Lampung, melewati sejumlah tempat wisata seperti Pantai Sari Ringgung, Pantai Mutun dan Pantai Klara serta pemandangan perbukitan hijau dan pesisir pantai dengan panorama alam nan eksotis yang pasti memanjakan mata.

Infrastruktur jalan menuju tempat ini relatif bagus, meski harus tetap waspada dan hati-hati karena di beberapa tempat masih ada jalan yang berlobang dan rusak.

Saatnya nonton lumba-lumba

Ketika berbicara tentang lumba-lumba, umumnya orang Indonesia akan langsung menunjuk atraksi lumba-lumba di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dan Pantai Lovina di Singaraja, Bali Utara. Jika ingin pengalaman yang alami, menarik dan lebih menantang pilihan yang tepat adalah mengunjungi ekosistem lumba-lumba di Teluk Kiluan.

Di wilayah perairan Teluk Kiluan ini  terdapat ribuan lumba-lumba yang terdiri dari dua jenis yaitu Lumba-lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dan  lumba-lumba Hidung Panjang (Stenella Longirostris).

Perilaku dan karakter dua jenis lumba-lumba ini berbeda.

Lumba-lumba Hidung Botol  mempunyai ciri fisik kepala membulat dengan pangkal kepala meninggi, berenang di laut dengan gerakan naik turun, cenderung tenang dan sering mengikuti perahu nelayan.

Ciri tersebut berbeda dengan Lumba-lumba Hidung Panjang yang sering disebut Spiner Dolphin. Lumba-lumba jenis ini sering melakukan gerakan akrobatik yang sangat atraktif, sering terlihat meloncat di udara, meluncur cepat dan tidak takut mendekati perahu nelayan.

Pintu masuk teluk berupa selat sempit yang membatasi Selat Sunda dengan perairan teluk.

Wisata bahari di Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung. (Romo Jatra Kelana Pr)

Butuh promosi

Selama ini, atraksi eksotisme lumba-lumba nyaris tidak dikenal luas.

Hal ini terjadi karena sebelumnya Pemda Lampung maupun Pemda Kabupaten Tanggamus belum melirik perairan Teluk Kiluan sebagai objek wisata yang layak dikembangkan dan dipromosikan.

Jika ada wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang ke Teluk Kiluan hampir bisa dipastikan bahwa mereka memperoleh cerita yang dikisahkan dari mulut ke mulut dan karena melihat promosi gratis dalam bentuk foto atau video yang diunggah melalui aneka jejaring media sosial oleh orang-orang yang pernah berkunjung ke tempat ini.

Aroma menu masakan khas laut yang sangat menggoda selera makan. (Romo Titus Jatra Kelana Pr)

Selain menikmati atraksi lumba-lumba, di sekitar Teluk Kiluan pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam lainnya yang letaknya tak jauh dari Teluk Kiluan.

Tempat itu antara lain Laguna Gayau, Pantai Gigi Hiu, Pantai Pasir Putih, Pantai Pulau Kelapa dan tempat eksotis lainnya untuk berenang, berselancar, melihat penyu bertelur dan menikmati keindahan biota laut yang relatif masih terjaga.

Bagi pengunjung yang hobi wisata kuliner seafood, aneka hasil tangkapan laut seperti lobster, kepiting, cumi-cumi dan berbagai jenis ikan segar pun siap dipesan dan dinikmati di sini.

Ibarat pesan paket nasi komplit di warung lesehan, berkunjung ke Teluk Kiluan berarti mendapat menu paket wisata komplit. (Berlanjut)

Aneka menu seafood tersedia di Teluk Kiluan, Tanggamus, Lampung. (Romo Jatra Kelana Pr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here