Panti Wreda Griya Nugraha Lampung, Sr. Chatarina HK Mendoakan Semua Orang (1)

0
132 views
Sr. Chatarina HK tentang tugas karya kerasulan doa di Panti Wreda Griya Nugraha Lampung (Titch TV/Mathias Hariyadi)

MENJADI tua itu sebuah keniscayaan. Pasti sudah dan tak seorang pun mampu menolaknya perjalanan hidup menjadi lansia.

Namun, menjadi tua dan menjalani hidup di usia lanjut di Panti Wreda Griya Nugraha Lampung ini, tak seharusnya umur tua menjadi beban hidup di usia lanjut.

Justru harus mengisinya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan demi orang lain. Sesama kita yang perlu kita doakan.

Agar mereka mendapat anugerah Tuhan berupa rahmat kesehatan, selamat, dan pastinya juga harus bahagia.

Bersama 11 suster HK lansia dan 16 lansia awam

Sr. Catharina HK yang kini menjadi salah satu penghuni rumah lansia Panti Wreda Griya Nugraha Lampung ini memaknai perjalanan hidup di usia lanjut itu dengan prinsip keutamaan di atas.

Menjalani apa yang disebut Kerasulan Doa. Yakni, kegiatan harian selalu mendoakan Gereja, bangsa dan negara.

“Pasti juga kami semua yang di sini diharapkan senang untuk selalu mendoakan semua orang. Agar mereka mendapatkan anugerah Tuhan berupa rahmat kesehatan, selamat, dan hidup bahagia,” jawab suster biarawati Kongregasi Suster Belas Kasih dari Hati Yesus Mahakudus atau Hati Kudus (HK).

Bersama 11 suster HK senior lainnya, Sr. Chatarina HK selama setahun terakhir ini telah menjadi penghuni Panti Wreda Griya Nugraha Lampung. Ia hidup dan tinggal bersama 16 penghuni lansia lainnya yang non suster biarawati HK.

Menyapa hangat sesama lansia non biarawati

Selama masih sehat dan lebih fleksibel bergerak dibanding para suster lainnya, Sr. Catharina HK selalu menyapa para penghuni panti dari kalangan awam.

Sementara di waktu lain, bersama kolega suster lansia HK, ia mengisi hari-hari tuanya dengan menyortir biji-biji kopi atau kegiatan menyulam.

“Bahan-bahan sulaman berupa benang-benang saya dapatkan dari orang-orang baik yang mengirim semuanya ke sini.

Saya buat aneka sulaman dan hasil sulaman ini kemudian dipajang di showroom – semacam toko panti. Dijual bersama barang atau buah-buahan hasil kebun panti untuk menompang hidup kami,” papar Sr. Chatarina HK menjawab Ping dari Titch TV hari Sabtu malam tanggal 25 Maret 2023.

Kredit: Titch TV/Mathias Hariyadi

Baca juga: Panti Wreda Griya Nugraha Lampung: Arum Mencintai dan Merawat Kaum Lansia Tanpa Batas (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here