Paroki Kleco Solo Gelar Pelatihan Merangkai Bunga di Altar

0
1,907 views
Kegiatan pelatihan merangkai bunga di altar untuk para penggiat tata laksana liturgi di Gereja Santo Paulus Paroki Kleco Surakarta. (Ist)

INI kegiatan baik. Untuk misi tata laksana perayaan ekaristi di gereja Paroki Kleco Surakarta atau Solo. Tim Tata Altar Gereja Santo Paulus Paroki Kleco hari Minggu, 26 November 2023, mengadakan program pelatihan merangkai bunga bagi petugas lingkungan untuk tata altar. Pelatihan berlangsung di Ruang Berthier.

Pelatihan ini diikuti petugas tata altar lingkungan sebanyak 55 orang. Pelatihan tata hias altar ini diampu oleh Bu M. Watik Issulaningtyas, koordinator tata altar paroki. Dalam praktiknya, ia dibantu sembilan orang anggota tim tata altar paroki.

Tujuan pelatihan agar di tiap lingkungan para ibu dapat merangkai bunga untuk keperluan misa lingkungan. Juga untuk kegiatan peribadatan sesuai dengan ujub liturgi yang dilaksanakan.

Mendukung suasana doa

Tata altar dalam liturgi Gereja dimaksudkan untuk menambah hikmat. Juga sebagai ungkapan syukur dan keagungan liturgi. Rangkaian bunga dalam tata altar menjadi dekorasi liturgis sebagai perwujudan rupa-rupa citra surgawi. Hiasan bunga yang ditata dalam penataan disesuaikan dengan misteri liturgi yang dirayakan.

Ungkapan tata altar dalam wujud rangkaian bunga menjadi bagian dari “kesenian liturgis” yang selaras dengan tujuan liturgi yakni glorifikasi (pemuliaan kepada Allah) dan santifikasi (pengudusan bagi manusia). Sehingga keindahan tata altar dengan rangkaian bunga sebagai bagian dekorasinya diharapkan dapat membantu dan mendukung suasana doa sehingga doa dapat sampai kepada Allah.

Rangkaian bunga juga melambangkan dimensi persembahan yang diwujudkan dalam keindahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here