Pastoral Berbasis Data: Pelatihan Pendataan Umat Paroki Kleco

0
134 views
Penataran pastoral berbasis data bagi para Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah Paroki Kleco Solo. (FX Juli Pramana)

KEBERADAAN Litbang (Penelitian dan Pengembangan) di paroki memiliki manfaat sangat besar.  Misalnya menyediakan data untuk pelayanan pemberian Sakramen Tobat bagi umat lanjut usia menjelang Paskah yang tidak dapat berangkat ke gereja. Atau data umat lansia yang digunakan untuk Misa Paskah Lansia.

Hal seperti ini perlu dilakukan update data. Juga untuk keperluan data lainnya. Maka diperlukan penyediaan data dari Ketua Lingkungan agar data yang tersedia dapat digunakan untuk keperluan pastoral pelayanan.

Demikian kata Kepala Paroki Gereja Santo Paulus Paroki Kleco: Romo Aloysius Kriswinarto MSF. Disampaikan pada Pelatihan Pendataan Umat bagi Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah, Minggu 25 Februari 2024 di Ruang Berthier Paroki Kleco Solo.

Pelatihan ini diikuti 43 orang Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah. “Pastoral berbasis data diperlukan agar pelayanan dapat tepat sasaran,” kata Romo Kriswinarto lebih lanjut.

Para Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah Paroki Kleco Solo mengikuti program pelatihan pastoral berbasis data. (FX Juli Pramana)

Tidak ada kesesuaian data

Hal senada disampaikan Ketua Bidang Pelayanan Kemasyarakatan: Nugroho Wisnu Broto. Ia bicara tentang pentingnya data.

“Data diperlukan oleh bidang pelayanan kemasyarakatan bagi umat. Agar tepat sasaran untuk pelayanan Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA), pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan bantuan kesehatan bagi umat. Saat ini, masih ada ketidaksesuaian data antara data yang tersedia dari bidang pendataan dengan kondisi umat di lingkungan,” kata Fransiscus Nugroho.

“Maka komunikasi pencermatan data dan verifikasi data oleh ketua lingkungan dapat membantu terlaksananya program untuk keluarga pra sejahtera pelayanan kemasyarakatan, bahkan juga untuk bidang pewartaan, liturgi dan bidang lainnya,” ungkapnya lebih jauh.

Sistem Ecclesia

Pelatihan pendataan umat bagi Ketua Lingkungan dan Ketua Wilayah merupakan upaya memberikan dukungan tugas Ketua Lingkungan dalam memastikan adanya data umat yang selalu diperbaharui sesuai sistem pendataan umat dari keuskupan. Hal ini sesuai dalam Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Pastoral Paroki (P5).

Keuskupan Agung Semarang (KAS) melalui sistem dataumat.kas telah menerapkan sistem terpadu untuk mendukung kegiatan pastoral dalam Sistem Ecclesia sejak 2019.

Sistem Ecclesia untuk pastoral berbasis data di Keuskupan Agung Semarang. (FX Juli Pramana)
Pedoman pastoral Paroki Kleco Solo.

Pengambilan keputusan pastoral

Ecclesia mendukung pengambilan keputusan pastoral, dari tingkat lingkungan sampai keuskupan. Ecclesia adalah sistem terintegrasi bagi Gereja KAS yang diharapkan dapat memberikan dukungan untuk menggambarkan keadaan nyata umat yang ada di tingkat lingkungan,  wilayah, paroki, kevikepan dan keuskupan.

Dengan tersedianya data umat yang disajikan dalam dataumat.kas di Ecclesia paroki-paroki sangat terbantu karena memiliki data umat sesuai profil umat yang ada. Pelayanan pastoral yang berkaitan dengan pemberian sakramen -sakramen dapat dilaksanakan sesuai data yang ada. Selain itu  kondisi demografi umat menjadi basis data untuk pelayanan pastoral paroki.

Semoga dengan pelatihan pendataan bagi ketua lingkungan dan ketua wilayah semakin dapat lebih meningkatkan pengelolaan data bersama petugas data lingkungan dan paroki. Harapan dengan menghidupi data pelayanan pastoral semakin dapat dirasakan umat dan tepat sasaran sesuai kebutuhan umat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here