Pelita Hati: 01.06.2020 – Maria Bunda Gereja

0
490 views

Yohanes 19:25-34

Di dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.  Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-Nya: “Inilah ibumu!” Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. (Yoh.19:25-27)

Sahabat pelita hati,

HARI ini kita memperingati Santa Perawan Maria Bunda Gereja. Pesan utama dari pelita sabda hari ini adalah Bunda Maria sungguh pantas mengemban tugas sebagai bunda Gereja. Sebagaimana ia -sebagai seorang ibu- selalu ada di dekat anaknya terutama pada saat mengalami penderitaan, demikian juga ia selalu dekat dengan Gereja, kita semua. Sebagaimana Ia adalah seorang pelindung, pengayom dan peneguh dan menyertai puteranya hingga di puncak Salib Golgota, demkiaan juga Ia juga menjadi pelindung Gereja. Lukisan Michael Angelo, ‘Pieta’, menggambarkan Maria sedang memangku jenazah Yesus  setelah Ia diturunkan dari salib. Itulah gambaran hati seorang ibu yang tegar dan penuh cinta kepada anaknya. 

Sahabat terkasih,

Setelah selama sebulan kita berdoa bersama Maria, marilah kita semakin meneguhkan hati bahwa kita dan Gereja tidak berjalan dan berjuang sendiri. Bunda Maria sebagai bunda Gereja selalu menyertai kita. Jangan kita menjadi kecil hati, juga pada saat kita merasakan dampak dari pandemi covid-19 yang begitu dahsyat memporak porandakan beragam aspek kehidupan baik ekonomi, pendidikan maupun hidup sosial yang semakin berjarak satu dengan yang lainnya. Semoga kita dapat meneladan ketabahan dan kesetiaan Sang Bunda sambil memohon perlindungannya. 

Di sini jalan di sana jalan,
di tengah-tengahnya pohon jambu.
Aku ini hamba Tuhan,
terjadilah padaku seturut perkataan-Mu.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here