Pelita Hati: 01.07.2020 – Tak Terhingga Kuasa-Nya

0
513 views

Bacaan Matius 8:28-34

Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu. Dan mereka itu pun berteriak, katanya: “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?” Yesus berkata kepada mereka: “Pergilah!” Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air. (Mat 8:28-29.32)

Sahabat pelita hati,

GADARA sebenarnya bukan termasuk wilayah orang Yahudi namun Yesus mengunjunginya. Nyatalah bahwa Tuhan datang bukan hanya kepada orang Yahudi tetapi kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.  Karenanya, di tempat ini Tuhan juga menyatakan karya kasih-Nya dengan mengusir roh jahat yang merasuki dua orang. Konon jumlah setan yang merasuki mereka adalah 6000 legion (setan) sebagaimana dicatat oleh penginjil Markus 5:1-20. Untuk menggambarkan bahwa dua orang yang kerasukan itu sangat berbahaya dan ditakuti oleh warga. Jadi, kehadiran Yesus bukan hanya membebaskan derita orang yang dicengkeram oleh kuasa setan tetapi juga membebaskan masyarakat yang resah dan takut terhadap orang yang kerasukan tersebut. Namun Tuhan mengusir ribuan setan dan seketika itu juga 6000 legion serentak pindah ke dalam kawanan 2000 babi dan terjun mati ke dalam jurang. Kuasa Tuhan sungguh nyata dan membuat mata orang-orang yang menyaksikan kagum sekaligus takut.

Sahabat terkasih,

Kuasa Tuhan tidak hanya terjadi di masa lampau tetapi mujizat-Nya juga kita yakini terjadi di masa kini. Karenanya kita tak perlu takut dan khawatir akan hidup, asal kita sungguh percaya pada maha kuasa-Nya dan tetap menyandarkan harapan hidup kita kepada-Nya. Semoga pelita sabda hari ini semakin meneguhkan hidup kita. Jangan takut.

Ini kisah Rama dan Sinta,
kisah asmara berujung derita.
Jika Tuhan di pihak kita,
siapa yang akan melawan kita?

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here