Pelita Hati: 02.08.2020 – Kamu Harus Memberi Makan

0
401 views

Bacaan Matius 14:13-21

Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.” Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.” Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak. (Mat.14:15-16.19.21)

Sahabat pelita hati,

KISAH Yesus memberi makan limaribu (5000) orang ini menggambarkan sikap hati yang bertolak belakamg antara Yesus dan para murid-Nya. Para murid senang mengambil cara yang mudah atau jalan pintas yaitu mengusir orang banyak agar pulang mencari makan sendiri. Sementara Yesus memerintahkan ‘kamu harus memberi makan!’ Yesus meminta para murid untuk belajar peduli terhadap yang sedang menderita dan kelaparan.

Sahabat terkasih,

Timbul pertanyaan, bagaimana mungkin jika hanya ada 2 ikan dan 5 roti padahal harus mencukupi untuk ribuan orang? Para murid lupa bahwa mereka ada bersama Yesus. Yesus adalah sang pembuat mujizat  Terkadang kita pun begitu khawatir, takut dan risau. Kita lupa bahwa ada Tuhan yang selalu beserta kita dan dapat menjadi jawaban atas aneka macam pergumulan dan persoalan. Mari kita belajar untuk peduli dan yakin akan penyertaan-Nya. Selamat hari Minggu.

Pergi ke sungai memancing ikan,
sambil menikmati indahnya pemandangan.
Tak boleh kita mengabaikan,
saudara-saudari kita yang kekurangan.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here