Pelita Hati: 07.01.2022 – Jika Tuan Mau

0
1,145 views

Bacaan: 1Yoh. 5:5-13, Lukas 5:12-16

Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya. Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapa pun juga dan berkata: “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

Sahabat pelita hati,

“TUAN, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku,” inilah permohonan tulus dari seorang yang menderita sakit kusta. Dan Tuhan pun menjawab permohonan orang itu. Bila Tuhan bertindak, kehadiran-Nya di mana pun selalu membawa kegembiraan bagi orang yang berjumpa dengan-Nya. Sabda-Nya  menebarkan kata-kata penuh sukacita dan tindakan karya-Nya membawa aneka penyembuhan yang luar biasa. Penginjil Lukas mula-mula mengisahkan seorang yang sakit kusta tiba-tiba tersungkur ketika melihat Yesus. Setelah  terjadi dialog kasih, Tuhan mengulurkan tangan dan berkat-Nya lenyaplah penyakit kusta yang diidapnya. Inilah kuasa-Nya yang selalu menghadirkan kegembiraan penuh cinta.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini mengajarkan dua hal, yakni sikap memohon dan berserah kepada Tuhan serta tindakan Allah yang selalu membawa kebaikan untuk sesama.  Jika kehadiran dan karya-Nya membawa sukacita bagi banyak orang, demikian juga hendaknya hidup dan karya kita selalu membawa sukacita bagi sesama. Melalui tugas dan panggilan  masing-masing, kita juga harus membawa kegembiraan bagi sesama. Kegembiraan itu tercipta tatakala kehadiran kita.berdayaguna bagi sesama. Kebaikan apa yang akan sahabat-sahabat tebarkan di hari ini?

Jika Tuan mau,
Tuan dapat mentahirkan aku
Tuhanlah Gembalaku,
Engkau penebus dan penyelamatku.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here