Pelita Hati: 07.08.2019 – Tak Pernah Menyerah

0
797 views

Bacaan Matius 15:21-28

Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”  Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh. (Mat. 15:21-22.26-28)

Sahabat pelita hati,

KISAH seorang perempuan Kanaan ini sungguh menakjubkan karena permohonannya dikabulkan oleh Tuhan.  Ia tak putus asa dan pantang menyerah walau mendapat perlakuan tak menyenangkan,  ‘direndahkan dan dihina’ oleh Yesus. Kepada perempuan itu Yesus berkata, “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Tentu Yesus tidak semata-mata ingin menghina dan merendahkannya namun ingin mengetahui seberapa besar iman perempuan Kanaan itu. Ternyata perempuan itu sungguh luar biasa dayang juangnya dan tidak putus asa. Ia pantang menyerah. Jawaban perempuan itu sungguh menyentuh hati dan akhirnya Tuhan menyatakan pujian kepadanya, “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh. (ay.28)

Sahabat pelita hati,

Hidup kita memang tidak terbebas dari beragam tantangan dan kesulitan. Selalu saja ada tantangan, entah besar entah kecil, baik di dalam keluarga maupun di tengah masyarakat, baik tantangan dalam hal iman atau kebutuhan hidup, dll.  Semoga kesaksian iman perempuan Kanaan ini memompa semangat dan daya juang kita untuk tidak menyerah dan putus asa jika mengahadapi beragam tantangan. Tuhan sangat berkenan kepada orang memiliki daya juang iman. Tuhan amat berkenan kepada yang pantang menyerah. Semangat berjuang.

Ke Jogjakarta bersama teman,
ada banyak tempat kenangan.
Selalu setia dalam beriman,
pantang menyerah hadapi tantangan.

Banyutemumpang, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here