Pelita Hati: 07.12.2019 – Mendarmabaktikan Hidup

0
442 views

Bacaan Matius 9:35-10:1.6-8

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. (Mat.10:1, 6-8)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berkisah tentang panggilan dan perutusan para murid. Tuhan memanggil keduabelas murid dan mengutus mereka untuk mewartakan Inji sambil membekali dengan aneka macam karunia dan kuasa untuk menyembuhkan dan mengusir setan. Nyata benar bahwa yang dituntut dari para murid adalah kesediaan diri untuk mendarmabaktikan hidup kepada Sang Guru untuk pelayanan kepada sesama.

Sahabat terkasih,

Dengan baptis yang diterima, semua dari kita, tanpa kecuali memiliki tugas perutusan yang sama yakni mewartakan kabar sukacita Injil kepada sesama bukan melalui kata-kata tetapi lewat perbuatan nyata. Kita tidak punya alasan untuk menolak panggilan dan perutusan Tuhan karena Ia telah memberikan karunia hidup secara cuma-cuma kepada kita. Karenanya sudah sewajibnya kita memberikan dengan cuma-cuma juga seluruh kemampuan kita untuk meluaskan kerajaan Allah, melalui karya pewartaan Gereja maupun dalam hidup kita sehari-hari. Apakah kita sungguh-sungguh telah mendarmabaktikan hidup kita untuk karya pelayanan Gereja dan masyakarat? Apa yang sudah kita usahakan dan apa yang akan kita lakukan? Ingat, Tuhan telah memberikan dengan cuma-cuma anugerah kehidupan ini. Semoga kita pun mendarmabaktikan hidup kita demi kemuliaan Tuhan.

Jalan-jalan ke Simpang Lima,
menikmati malam bersama teman lama.
Kita telah memperoleh secara cuma-cuma,
sewajibnya juga memberi dengan cuma-cuma.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here