Pelita Hati: 08.10.2020 – Mintalah, Carilah, Ketoklah

1
821 views

Bacaan Lukas 11:5-13

Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” (Luk.11:9-13) 

Sahabat pelita hati, 

PELITA sabda hari ini menegaskan kembali bahwa Allah kita adalah Allah yang murah hati bahkan Maha Murah Hati. Kemurahan hati Allah jauh melampaui segala makhluk dan segala sesuatu. Ia bukanlah Allah pembenci,  pendendam dan penghukum tetapi Allah yang berlimpah kasih. Namun ada prasyarat yang harus dipenuhi manusia, yaitu haeus mencari, mendekat dan memohon kepada-Nya. Prasyarat ini menegaskan adanya usaha dan perjuangan manusia yang tiada henti dan tak boleh lelah. Di sinilah nilai ketekunan dan kesetiaan menjadi penting.

Sahabat terkasih, 

Apakah kita sungguh memiliki usaha serius untuk mencari, minta dan mengetuk hati Tuhan?  Apakah kita telah memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk berjumpa dengan-Nya? Di sinilah doa pribadi menjadi penting. Perayaan ekaristi pun menjadi amat sangat penting karena kita dipertemukan dengan Tuhan dalam tubuh dan darah kudus-Nya. Karenanya, jangan kita abai menggunakan saat-saat istimewa untuk berjumpa dan bersimpuh di hadapan-Nya. Bagi yang dekat dengan Gereja atau memiliki waktu yang cukup, gunakanlah momen perjumpaan dengan Tuhan dalam ekaristi harian di pagi hari. Rasakanlah keindahannya mengawali hari dengan menyambut sakramen kudus dalam ekaristi. Singkatnya, sisihkan waktu secara khusus bagi Tuhan di setiap awal hari agar Tuhan memberkati. Datang kepada-Nya dan buka hati di hadapan-Nya, Dia akan melimpahkan berkat-berkat-Nya. 

Berolahragalah setiap hari,
agar tubuh sehat dan kuat 
Mintalah, maka akan diberi,
carilah, maka akan mendapat.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

1 COMMENT

  1. Pelita hati hari ini sangat menegaskan bhw Allah kita adalah Allah yg murah hati, ” Ia bukan Allah pembenci, pendendam, dan penghukum, tetapi Allah yg berlimpah kasih.”(Luk.:11:5-13).
    Apakah sifat Allah itu tidak pernah marah…?
    Kalau kita lihat pd kitab kejadian ; 6:5-8 mengapa pd ayat 7 Tuhan berfirman: “Aku akan menghapus manusia yg telah Ku ciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang2 melata dan burung2 di udara, sebab Aku menyesal bhw Aku telah menciptakan mereka.”.
    Jadi, renungan yg disajikan ini apakah tidak bertentangan dengan murka Tuhan pada pemusnahan manusia dizaman nabi Nuh…?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here