Pelita Hati: 09.03.2021 – Tujuh Puluh Kali Tujuh Kali

0
785 views

Bacaan: Nubuat T.Daniel 3:25.34-43, Matius 18:21-35

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?” Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali”. (Mat 18:21-22)

Sahabat pelita hati,

“TUJUH puluh kali tujuh kali,” itulah jawaban Yesus kepada Petrus ketika bertanya, apakah harus mengampuni hingga tujuh kali. Bagi Petrus, mengampuni hingga tujuh kali sudah lebih baik dari tradisi Yahudi. Dalam Taurat ditetapkan peraturan pembalasan yang setimpal seperti dalam Kitab Keluaran  21:24 dan disinggung dalam Matius 5:38 ). Maka, pengampunan sebanyak tujuh kali sudahlah hebat dan lebih daei cukup. Namun Tuhan menegaskan bahwa harus mencapai tujuh puluh kali tujuh kali. Apakah Yesus sedang bermain kata-kata dan bermain angka? Tidak. Tujuh puluh kali tujuh kali berarti empat ratus sembilan puluh kali. Angka ini menggambarkan bahwa jumlah yang tak terhitung. Siapa yang bersedia menghitung dan mencatat hingga empat ratus sembilan puluh kali? Di balik jawaban ini, sejatinya Yesus sedang mengajarkan tentang pentingnya pengampunan. Ia tidak pernah pilih-pilih dan membatasi dalam mengampuni. Bahkan seorang pendosa besar sekaliber penjahat yang dihukum salib di sisi-Nya  diampuni oleh Tuhan karena ia memohon ampun dengan ketulusan. Itulah sebabnya Tuhan menyisipkan doa pengampunan dalam doa agung-Nya, “ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.”

Sahabat terkasih,

Masa prapakah bukan hanya merupakan saat untuk bertobat dan mohon ampun tetapi juga menjadi saat untuk mau memaafkan dan mengampuni sesama yang pernah bersalah kepada kita. Semoga kita mampu menjadi pribadi yang pengampun bukan pendendam, pemaaf bukan pembalas. Tetap semangat dan jaga sehat.

Selamat hari Selasa,
semoga selalu luar biasa.
Tuhan kita maha kuasa.
selalu membuka hati bagi para pendosa.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here