Pelita Hati: 09.05.2021 – Kasihilah Seorang akan Yang Lain

0
469 views

Bacaan: Kis.10:25-26:34-35.44-48, 1Yoh.4:7-10, Yoh.15:9-17

Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain. (Yoh 15:9-10.14.17)

Sahabat pelita hati, 

DALAM amanat perpisahannya, Yesus memberi perintah baru kepada para murid-Nya untuk saling mengasihi. Hal ini mendasarkan diri pada relasi-Nya dengan Bapa-Nya: “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggalah di dalam kasihKu itu.” (Yoh 15:9). Ketika kita mengikuti perintah Yesus yakni  tinggal di dalam kasih-Nya maka dengan sendirinya kita juga tinggal di dalam kasih Bapa.

Sahabat terkasih,

Cinta kasih itu berasal dari Allah dan bahwa Dialah yang pertama-tama mengasihi kita. Ia selalu mengasihi kita apa adanya maka kita pun dipanggil untuk saling mengasihi satu sama lain. Cinta kasih yang benar itu butuh pengorbanan diri bukan hanya sekedar berkata “Saya mengasihimu”. Kasih yang agung dan mulia adalah kasih yang didasari oleh pengorbanan diri. Yesus berkata: “Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.” (Yoh 15:13).  Kisah pengorbanan Yesus yang menyatakan kasih-Nya mendorong kita untuk rela berkorban demi mempertahankan cinta kasih di dalam panggilan hidup kita masing-masing. Hari ini Tuhan mengingatkan kita: “Kasihilah seorang akan yang lain.” Mari kita wujudkan perintah Tuhan itu di dalam keluarga dan dalam hidup bersesama.

Niat hati untuk bertemu,
apa daya sudah tak mungkin.
Inilah perintah-Ku kepadamu,
kasihilah seorang akan yang lain.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here