Pelita Hati: 09.12.2023 – Dengan Cuma-cuma

0
598 views

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berkisah tentang Yesus yang mengutus dua belas murid-Nya. Tuhan memberikan sederat tugas dan tanggungjawab tiga tugas yakni: menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, mentahirkan orang kusta dan mengusir setan. Perutusan itu ditutup dengan pesan, “Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma”.

Sahabat terkasih,

Perutusan para murid itu kini tertuju kepada kita. Setiap dari kita yang telah menerima sakramen baptis apalagi sakramen krisma, memiliki kewajiban untuk menjalani perutusan yakni bersaksi tentang kebaikannya. Kita tidak punya alasan untuk menolak atau mengelak terhadap panggilan dan perutusan itu, karena Ia telah memberikan karunia hidup secara cuma-cuma kepada kita maka kita pun juga harus mendarmabaktikan hidup secara cuma-cuma juga. Jangan pelit untuk mempersembahkan hidup, waktu dan tenaga kita apalagi jika untuk pelayanan kepada Tuhan dan sesama. Mari kita mulai lagi  karya kita dan terus berbakti untuk pelayanan kepada sesama sesuai dengan panggilan dan tanggungjawab masing-masing. Tetap semangat dan berkah Dalem. 

Inilah kisah bunga Wijaya Kusuma,
pusaka milik Sang Prabu Kresna.
Kamu telah memperoleh secara cuma-cuma,
berikanlah juga dengan cuma-cuma.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Yes. 30:19-21.23-26; 

Matius 9:35-10:1.6-8

Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.  Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. (Mat.9:35-10:1, 6-8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here