Pelita Hati: 11.09.2018 – Berkanjang dalam Doa

0
694 views

Bacaan Lukas 6:12-19

Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat. (Luk 6:6-12)

SAHABAT pelita hati,

Pelita sabda hari ini mengajarkan dua hal,

Pertama  sebelum memilih kedua belas murid-Nya, Yesus mencari waktu khusus, menyepi sendiri untuk berdoa. Ia tidak serta merta menentukan dan menunjuk begitu saja tetapi membawanya dalam doa. Di saat-saat penting dalam hidup-Nya Yesus selalu menyediakan waktu khusus untuk menyendiri dan berdoa (di taman Getsmani menjelang hari-hari sengsara-Nya). Bahkan di sela-sela kesibukan karya-Nya Yesus mengambil waktu sendiri untuk berkanjang dalam doa. Yesus pun perlu untuk mendapatkan energi khusus dari Bapa-Nya. Semestinya kita pun harus lebih banyak membutuhkan waktu untuk berkanjang dalam doa, agar daya energi rohani dari Tuhan selalu meneguhkan dan menguatkan kita.

Kedua, dari keduabelas rasul yang dipilih oleh Yesus tak satupun dari kelompok cerdik pandai seperti orang Farisi, ahli Taurat atau pun ahli agama. Tuhan memilih para nelayan, orang-orang sederhana. Bukan kepandaian atau kepintaran yang diutamakan tetapi kehendak dan ketulusan hati yang disyaratkan bagi murid-murid Tuhan. Memang pada akhirnya ada seorang murid yang atas kehendak bebasnya lebih tergiur pada tawaran duniawi sehingga Yudas terjerumus pada tindakan pengkhianatan. Ia gagal menjadi murid yang tetap konsisten pada komitmen teguhnya menjadi pengikut dan pembela Kristus.

Sahabat terkasih,

Semoga kita bisa memegang teguh komitmen kita sebagai pengikut Kristus dan pembela Kristus. Salah satu kuncinya adalah jangan melupakan waktu untuk berkanjang dalam doa dan dalam Tuhan. Semangat.

Naik pesawat menuju Jakarta,
berwisata ke Kota Tua.
Agar taat dan setia,
luangkan waktu ‘tuk berdoa.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here