Pelita Hati 12.04.2017: Dosa Sang Yudas

0
615 views
Yesus berdoa di Taman Gethsemani (ist)

Bac. Mat.26:14-25

KEMUDIAN pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala. Ia berkata: “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?” Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus. Lalu Yesus berkata: Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan.” (Mat.26:14-16.24)
Menurut tradisi, Yudas Iskariot yang menyerahkan Yesus dengan imbalan 30 keping perak mengalami nasib tragis. Injil Matius 27:5 mencatat bahwa Yudas melemparkan 30 keping perak yang diterimanya ke dalam Bait Suci, lalu pergi menggantung diri. Oleh Imam-Imam uang tersebut dibelikan sebidang tanah, yang disebut Tanah Tukang Periuk, tempat pekuburan orang asing. Sedangkan Kisah Rasul 1:18 menceritakan Yudas yang membeli sebidang tanah sebelum ia akhirnya “jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar”.
Tanah tersebut  akhirnya dinamai Tanah Darah, atau Hakal-Dama. Semoga kita dijauhkan dari sikap tercela sang Yudas, dan didekatkan pada sikap setia dan menjadi pembela iman yang dapat diandalkan.
Kalau ada sumur di ladang,
boleh kita menumpang mandi.
Kalau ada rintangan menghadang,
ingat Tuhan Sang Batu Sendi.
dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem — rm.is

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here