Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Pelita Hati: 14.06.2024 – Menjaga Hati  agar Tulus dan Suci

Pelita Hati: 14.06.2024 – Menjaga Hati  agar Tulus dan Suci

0

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Kutipan sabda ini merupakan ‘majas’ atau gaya bahasa yang dipakai Tuhan untuk menyampaikan pesan kepada para pengikut atau pendengar-Nya. Setidaknya ada dua pesan yang diwartakan, yakni tentang “mencungkil mata” dan “memenggal tangan”.

Rasanya pesan sabda itu terdengar sangat keras dan tak manusiawi.  Namun pesan di balik itu adalah agar kita berhati-hati sekali dalam menggunakan mata dan tangan karena dosa bisa bermula dari tangan dan mata. 

Lebih jauh dari itu sejatinya Tuhan sedang mengajarkan perlunya mengadakan perubahan hati karena segala tindakan kita bersumber dari hati. Bila hati kita baik maka akan menimbulkan perbuatan baik, sebaliknya bila hati jahat maka kejahatanlah yang akan nampak dalam perbuatan. “Memotong tangan” atau “mencungkil mata” tidak akan dapat mengubah tabiat berdosa seseorang apabila hatinya belum berubah. 

Jadi, Tuhan tidak memerintahkan untuk mencungkil mata atau memenggal tangan secara hurufiah namun mengajak kita untuk menjaga tingkah laku  sehingga terhindar dari perbuatan dosa. Perintah Tuhan ini untuk memastikan bahwa kita harus menjaga anggota tubuh terhadap perbuatan dosa. 

Sahabat terkasih, 

Marilah kita gunakan mata,  tangan dan anggota tubuh dan terutama hati kita untuk hal-hal yang baik dan bermakna bagi sesama. Itulah yang berkenan di hati Tuhan. Tetap semangat dan berkah Dalem. 

Magelang banyak destinasi wisatanya,
wisata alam nan indah pemandangannya.
Setiap orang yang memandang perempuan dan  mengingininya,
sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
Bunga Mawar bunga Melati,
harum semerbak keduanya.
Menjaga hati, menjaga mata,
agar hidup berkenan pada-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

1Raja-raja 19:9a.11-16

Matius 5:27-32

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah. (Mat. 5:27-32)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version