Pelita Hati: 14.11.2021 – Hanya Bapa yang tahu

0
630 views

Bacaan: Dan. 12:1-3, Ibr.10:111-14.18, Markus 13:24-32

Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja.” (Mrk. 13:24-26.30-32)

Sahabat pelita hati,

TEMA utama pelita sabda hari ini adalah tentang akhir zaman. Yesus menyampaikan beberapa tanda yang akan terjadi menjelang datangnya akhir zaman, namun Ia hanya mengungkapkan apa yang akan terjadi, bukan kapan waktunya. Lalu apa tujuan Yesus menyebutkan tanda-tanda ini?  Tuhan menghendaki agar murid-murid-Nya selalu berjaga-jaga.  Kedatangan Mesias di akhir zaman ditandai dengan gejala-gejala alam yang terjadi di angkasa, melibatkan matahari, bulan dan bintang-bintang. Artinya, akhir zaman itu bersifat universal alias mencakup seluruh alam semesta dan tidak ada seorangpun yang akan terluput. Dan yang lebih penting lagi adalah akhir zaman itu akan datang secara tiba-tiba, tidak dapat ditentukan secara pasti. 

Sahabat terkasih, Pesan utama dari sabda Yesus ini adalah agar kita selalu bersiap diri. Bukan berarti bahwa kita hanya duduk termenung sambil menunggu kapan datangnya akhir zaman itu. Persiapan kita bersifat proaktif alias mengisi hidup dengan beragam kegiatan positif yang dapat bermakna bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga sesama. Melakukan kebaikan adalah wujud konkret dari persiapan diri menyambut kedatangan-Nya. Inilah cara tepat untuk bersiap diri menyongsong kedatangan-Nya. Mari kita mengisi hari ini dengan menebar aneka kebaikan. Inilah cara terbaik untuk mempersiapkan kedatangan-Nya. Berkah Dalem. 

Jika memang kita bersalah, 
mengapa harus mengingkarinya.
Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah, 
agar pantas menyambut kedatangan-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here